Pengaruh kompetensi dan kemampuan penggunaan teknologi terhadap peningkatan profesionalisme guru (Studi kasus SMK Budi Mulia Kotobaru)

Mutiara, Pratiwi and Ida, Nirwana and Rasidah, Nasrah (2023) Pengaruh kompetensi dan kemampuan penggunaan teknologi terhadap peningkatan profesionalisme guru (Studi kasus SMK Budi Mulia Kotobaru). Journal of Management and Creative Business, 1 (1): 16. pp. 149-161. ISSN 2962-0856

[thumbnail of 2962-0856_1_1_2023-16.pdf]
Preview
Text
2962-0856_1_1_2023-16.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMK Budi Mulia Kotobaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMK Budi Mulia Kotobaru yang berjumlah 33 orang, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah total sampling, dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Jadi sampel dalam penelitian ini adalah 33 orang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi dan kemampuan pemanfaatan teknologi terhadap peningkatan profesionalitas guru di SMK Budi Mulia Kotobaru. Sampel dalam penelitian ini adalah 33 responden yang mengajar di SMK Budi Mulia Kotobaru. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh Y = 4,133+ 0,582X1 + 0,339X2 + e dan uji t sebesar 3,291 dan 2,266 yang artinya variabel kompetensi berpengaruh terhadap profesionalisme guru di Budi SMK Mulia Kotobaru variabel kemampuan menggunakan teknologi berpengaruh terhadap profesionalisme guru SMK Budi Mulia. Yang Mulia Kotobaru. Dilihat dari nilai R Square sebesar 0,762 yang berarti kompetensi dan kemampuan menggunakan teknologi berpengaruh sebesar 76,2% terhadap peningkatan profesionalitas guru di SMK Budi Mulia Kotobaru dan 23,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil analisis uji-f diperoleh nilai fhitung 47,899 > ftabel 3,30 yang berarti kompetensi dan kemampuan menggunakan teknologi secara bersama-sama berpengaruh terhadap profesionalisme guru di SMK Budi Mulia Kotobaru.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, Kemampuan menggunakan teknologi, Vocational teachers, Teaching--Methodology, Microlearning, Core competencies, Performance technology
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 06 May 2024 07:38
Last Modified: 06 May 2024 07:38
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/28341

Actions (login required)

View Item
View Item