Pengaruh perilaku pedagang dan budaya penataan lokasi terhadap keteraturan Pedagang Kaki Lima (PKL) dalam berjualan di Pasar Raya Kota Solok

Viony, Krismayanti and Afni, Yeni and Wahyu, Indah Mursalini (2023) Pengaruh perilaku pedagang dan budaya penataan lokasi terhadap keteraturan Pedagang Kaki Lima (PKL) dalam berjualan di Pasar Raya Kota Solok. Journal of Management and Creative Business, 1 (1): 15. pp. 135-148. ISSN 2962-0856

[thumbnail of 2962-0856_1_1_2023-15.pdf]
Preview
Text
2962-0856_1_1_2023-15.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Dinas Perdagangan dan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Solok khususnya di Pasar Raya Kota Solok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Perilaku Pedagang dan Budaya Penataan Lokasi terhadap Keteraturan Pedagang Kaki Lima (PKL) dalam berjualan di Pasar Raya Kota Solok. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah pedagang kaki lima yang berjualan di kawasan Pasar Raya Kota Solok yang berjumlah 91 orang. Dengan jenis penelitian kuantitatif dan teknik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket/kuesioner. Berdasarkan analisis regresi linier berganda, variabel Perilaku Pedagang dan Budaya Penataan Lokasi berpengaruh terhadap Keteraturan Pedagang Kaki Lima (PKL) dalam Berjualan di Pasar Raya Solok = 12,331 + 0,068X1 + 0,589X2 + e. Dari uji t yang dilakukan diketahui bahwa variabel X1 Perilaku Pedagang tidak berpengaruh terhadap Keteraturan Pedagang Kaki Lima (PKL) Berjualan di Pasar Raya Solok dengan thitung 0,369 < t tabel 1,68 dan sig 0,713 > 0,05 . Variabel X2 Budaya Tata Letak berpengaruh signifikan terhadap Keteraturan Pedagang Kaki Lima (PKL) Berjualan di Pasar Raya Solok dengan thitung 3,423 > ttabel 1,68 dan sig 0,001 < 0,05. Dari Uji Determinasi nilai R Square adalah 0,458. Artinya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 45,8%, sedangkan sisanya sebesar 54,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimaksudkan dalam penelitian ini, seperti kesadaran diri, dukungan lingkungan, dan sebagainya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perilaku pedagang, Budaya penataan lokasi, Keteraturan Pedagang Kaki Lima (PKL), Merchants, Street vendors, Small business, Informal sector (Economics), Human behavior
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 03 May 2024 02:28
Last Modified: 03 May 2024 02:28
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/28334

Actions (login required)

View Item
View Item