Media interaktif pembelajaran: Softwareprism dan media sosial Youtube dalam pembelajaran online

Wibi, Ardi Alvianto and Juni, Amanullah (2022) Media interaktif pembelajaran: Softwareprism dan media sosial Youtube dalam pembelajaran online. Jurnal Riset Rumpun Seni, Desain dan Media, 1 (1): 6. pp. 68-81. ISSN 2829-0283

[thumbnail of 2829-0283_1_1_2022-6.pdf]
Preview
Text
2829-0283_1_1_2022-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (220kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini berkembang sangat pesat, media digital sebagai pembelajaran mengalami pengembangan yang signifikan. Hadirnya digital ini memberikan beragam inovasi, dimana pembelajaran konvensional yang kaku dan monoton akan digantikan dengan pembelajaran menggunakan media digital yang lebih praktis, fleksibel, tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Penelitian kali ini penulis menggabungkan software streaming Prism dan media sosial youtube sebagai media pembelajaran interaktif. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah; 1) pembelajaran interaktif, 2) efektifitas dan optimalisasi Prism dan youtube sebagai media pembelajaran interaktif. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dalam membedah topik ini, teknik pengumpulan data berupa prismervasi, eaeancara dan studi dokumen. Analsisi data menggunakan pedekatan Miles dan Huberman dengan proses analisis data kualitatif yaitu; reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data dari menunjukan sebanyak 50 responden terdiri dari 2 kelas menunjukkan: 10 sebanyak 4 jawaban mengalami kesulitan memahami pembelajaran interaktif secara online, karen kurangnya pemahaman tentang jaringan internet dan spesifikasi android dan PC, 2) sebanyak 14 responden memahami cukup memahami proses pembelajaran menggunakan Prism dan youtube, 3) dan sebanyak 30 responden mengaku memahami dan lancara dalam proses pembelajaran interaktif menggunakan Prism dan youtube. Pembelajaran interaktif menggunakan Prism dan youtube, menjadikan proses belajar mengajar menjadi lebih menarik, interaktif dan tidak monoton. Adapun kelemahan menggunakan metode ini yaitu komunikasi hanya bisa satu arah dan peserta didik hanya bisa merespon lewat live chat saja.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Learning methods, Prism and Youtube, Social media, Learning processes
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: Mr. Jaenudin -
Date Deposited: 24 Feb 2025 01:53
Last Modified: 24 Feb 2025 01:56
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/28202

Actions (login required)

View Item
View Item