Penerapan model cooperative learning type Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura

Annisa, Siswanti and Nurmisda, Ramayani and Satria, Wiguna (2022) Penerapan model cooperative learning type Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1 (4): 13. pp. 132-142. ISSN 2962-1135

[thumbnail of 2962-1135_1_4_2022-13.pdf]
Preview
Text
2962-1135_1_4_2022-13.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalah dari guru masih menggunakan model pembelajaran yang monoton, metode yang digunakan kurang inovatif seperti hanya ceramah, penugasan, tanya jawab. Jenis penelitian ini dilakukan PTK dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa sebelum menggunakan model pembelajaran ini hasilnya dapat diketahui dari hasil pre-test pra siklus dengan jumlah 11 siswa yang tuntas dan 19 siswa yang tidak tuntas dan yang mencapai ketuntasan belajar sebesar 36,66% termasuk ke dalam kriteria kurang. Pada siklus I, dapat diketahui hasil peningkatan pemahaman siswa diperoleh dari 30 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 16 siswa dan siswa yang tidak mencapai ketuntasan belajar sebanyak 14 siswa dengan persentase 53,33% dan dapat termasuk dalam kriteria cukup. Pada siklus II, siswa sudah menunjukkan peningkatan hasil pemahaman yang baik, dengan pencapaian ketuntasan belajar sebanyak 26 siswa dan yang tidak mencapai ketuntasan belajar 4 siswa dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 86,66% dan termasuk dalam kriteria baik. Pada siklus I dan siklus II pemahaman siswa dengan menggunakan Model Cooperative Learning tipe STAD telah meningkat dan peningkatannya sebesar 33,33%. Berdasarkan dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan dengan Penerapan Model Cooperative Learning Type Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada mata pelajaran Akidah Akhlak dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII MTs Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran STAD, Pemahaman siswa, Group work in education, Islamic religious education, Madrasahs, Ethics
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 29 Apr 2024 07:07
Last Modified: 29 Apr 2024 07:07
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/28197

Actions (login required)

View Item
View Item