Robertus, Romy Siga (2023) Peningkatan hasil belajar jurnal penyesuaian melalui model pembelajaran langsung dengan pendekatan Flipped Classroom. Ekonomika45, 10 (2). pp. 385-401. ISSN 2354-6581
2354-6581_10_2_2023-35.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar membuat jurnal penyesuaian, aktifitas guru dan aktivitas siswa melalui model pembelajaran langsung dengan pendekatan flipped classroom pada siswa kelas XII IPS3 SMA Negeri 3 Tarakan semester genap tahun pembelajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui model pembelajaran langsung dengan pendekatan flipped classroom. Hasil analisis pengamatan terhadap aktivitas guru dan siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru dan siswa pada setiap siklusnya. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hasil pengamatan aktivitas guru dari siklus 1 sebesar 3,78 pada siklus 2 menjadi 4,12 dan pada siklus 3 meningkat menjadi 4,43 sementara pengamatan terhadap aktivitas siswa pada siklus 1 sebesar 2,95, meningkat pada siklus 2 menjadi 3,45, dan pada siklus 3 sebesar 3,60 sementara ketuntasan secara klasikal pada siklus 1 sebesar 41,66%,meningkat pada siklus 2 menjadi 69,44%, dan pada siklus 3 menjadi 88,89%. Keunggulan dalam pembelajaran melalui model pembelajaran langsung dengan pendekatan flipped classroom adalah dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sedangkan kelemahannya adalah membutuhkan waktu yang lama bagi guru untuk mempersiapkan pembelajaran ini, serta siswa yang memiliki motivasi yang kurang akan mengalami kesulitan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran langsung dengan pendekatan flipped classroom layak digunakan dalam meningkatkan hasil belajar penyusunan jurnal penyesuaian.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Langsung, Pendekatan Flipped Classroom, Hasil Belajar |
| Subjects: | Administration & Management Economics and Business |
| Depositing User: | Ni Nyoman Mei Antari |
| Date Deposited: | 05 May 2025 06:04 |
| Last Modified: | 05 May 2025 06:04 |
| URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/28195 |


Dimensions
Dimensions