Peningkatan karakter gotong royong melalui market day di sekolah dasar

Armi, Maulani Aries (2022) Peningkatan karakter gotong royong melalui market day di sekolah dasar. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1 (4): 7. pp. 68-81. ISSN 2962-1135

[thumbnail of 2962-1135_1_4_2022-7.pdf]
Preview
Text
2962-1135_1_4_2022-7.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan karakter gotong royong melalui Market Day di tingkat Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif, menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Rubrik observasi merupakan instruman yang digunakan pada penelitian ini. Dengan Market Day siswa siswi SDN 1 Wonosegoro, berdampak pada peningkatan karakter gotong royong. Rasa setia kawan semakin solid, sikap menolong semakin tampak, saling menghargai pendapat dalam diskusi, rasa kepedulian yang tinggi serta mereka mampu bekerja sama antarteman dengan baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Karakter, Gotong royong, Market day, School management and organization, Inter-school cooperation, School children, Self-esteem in children
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 25 Apr 2024 07:24
Last Modified: 25 Apr 2024 07:24
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/28182

Actions (login required)

View Item
View Item