Dindya, Vikri Roemaissha and Faizatul, Khoiriyah and Alfian, Wahidi and Ahmad, Ansori and Mu’allimin, Mu’allimin (2022) Strategi manajemen konflik dalam pengembangan soft skill dan hard skill siswa kelas 4 di SDI Full Day Baitul Izzi. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1 (4): 3. pp. 23-37. ISSN 2962-1135
2962-1135_1_4_2022-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (768kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini difokuskan untuk menjelaskan bagaimana strategi manajemen konflik terhadap pengembangan soft skill dan hard skill siswa kelas 4 di SD I Full Day Baitul Izzi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data. Hasil penelitian ada beberapa konflik yang terjadi dalam pengembangan soft skill dan hard skill, diantaranya: a. Konflik dalam pengembangan soft skill; pergeseran norma-norma yang disebabkan oleh perkembangan zaman, karakter bawaan yang dimiliki oleh peserta didik. b. Konflik dalam pengembangan hard skill; perbedaan IQ, malas membaca dan menulis. Adapun beberapa upaya yang telah dilakukan yakni: a. Strategi manajemen konflik dalam pengembangan soft skill; menggunakan metode bina kelas, menjadi Uswatun Hasanah. b. Strategi konflik dalam pengembangan hard skill; memberikan jam tambahan pada siswa yang memilik IQ rendah, menunjuk anak yang malas membaca untuk membaca saat pembelajaran dan mencatat setiap materi yang telah dijelaskan bagi anak yang malas menulis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Manajemen konflik, Soft skills, Hard skill, Conflict management, School crisis management, School children, Child development |
Subjects: | Administration & Management > Management Practice Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 03:20 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 03:20 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/28177 |