Muhammad, Bahy Naufal and Revanti, Atlantika Prayugo and Nur, Hidayatika and Ristin, Wijayanti and Mu’alimin, Mu’alimin (2022) Upaya kepala sekolah dalam mengatasi konflik kesiswaan di MA Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1 (4): 4. pp. 38-45. ISSN 2962-1135
2962-1135_1_4_2022-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (723kB) | Preview
Abstract
Pokok permasalahan dalam jurnal ini adalah upaya dan faktor-faktor yang dilakukan kepala sekolah dalam mengatasi konflik kesiswaan. Rumusan masalah dalam penilitan ini adalah (1) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam mengatasi konflik kesiswaan di MA Annuriyyah? (2) Faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya konflik kesiswaan di MA Annuriyyah? (3) Apa kendala kepala sekolah dalam mengatasi konflik di MA Annuriyyah? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan upaya kepala sekolah dalam mengatasi konflik kesiswaan di MA Annuriyyah. (2) Untuk mendiskripsikan factor apa saja yang menyebabkan terjadinya konflik kesiswaan di MA Annuriyyah. (3) Menjelaskan kendala yang dialami kepala sekolah dalam mengatasi konflik siswa di MA Annuriyyah. Penelitian yang kami lakukan menggunakan metode analisis kualitatif, dan mengambil lokasi di MA Annuriyyah Kaliwining. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah dan waka kesiswaan. Teknik dalam mengumpuklkan data adalah observasi, wawancara,dan dokumentasi. Alat bantu yang digunakan dalam pengumpulan data berupa handphone, buku catatan, dan pulpen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik penjaminan keabsahan data yang digunakan penelitian ini adalah ketekunan pengamatan dan bahan refrensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya kepala sekolah dalam mengataasi konflik kesiswaan di MA Annuriyyah adalah dengan memberikan kewennangan terlebih kepada wali kelas, BK, dan waka kesiswaan. Apabila konflik siswa terjadi dan tidak dapat diatasi oleh pihak tersebut, maka kepala sekolah akan melakukan pemanggilan langsung kepada siswa tersebut, lalu mendengarkan permasalahan memberikan masukan dan nasehat. Dan jika nasehat yang diberikan tidak memberikan efek positif maka akan dilakukan pemanggilan orangtua. Upaya kepala sekolah MA Annuriyyah cukup.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen konflik, Faktor penyebab konflik, Pemecahan masalah, Problem solving, Conflict management, School crisis management, Junior high school principals, Islamic education--Indonesia |
Subjects: | Administration & Management > Management Practice Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 04:29 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 04:29 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/28176 |