Naufal, Naufal (2022) Upaya guru akidah akhlak dalam meningkatkan perilaku Islami peserta didik. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1 (4): 1. pp. 1-8. ISSN 2962-1135
2962-1135_1_4_2022-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (643kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru akidah akhlak dalam meningkatkan perilaku Islami peserta didik, mengetahui kendala-kendala guru akidah akhlak dalam meningkatkan perilaku Islami Peserta didik, serta cara mengetahui cara mengatasi kendala-kendala guru akidah akhlak dalam meningkatkan perilaki Islami peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis interaktif, dengan tahapanpengumpulan data, redaksi data, dan penyajian data. Hasil dari penelitian ini: 1) bahwa upaya guru akidah akhlak dalam meningkatkan perilaku Islami peserta didik dengan mengadakan kegiatan bersifat keagamaan seperti mengadakan pengajian rutin bulanan, meningkatkan kesadaran siswa dengan hidup bersih, memberikan contoh yang baik, memberikan bimbingan klasikal; 2) Kendala dalam meningkatkan perilaku Islami peserta didik dari factor lingkungan, dan orang tua; 3) cara mengatasi kendala dalam meningkatkan perilaku Islami peserta didik dengan memberikan hukuman, dan mengadakan kerjasama dengan pengurus pondok pesantren dan orang tua siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya guru Aakidah akhlak, Perilaku Islami, Moral and ethical aspects, Islam--Study and teaching, Child development--Religious aspects--Islam, Islamic religious education of children, Islamic religious education--Indonesia |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 24 Apr 2024 02:31 |
Last Modified: | 24 Apr 2024 02:31 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/28172 |