Kholifah, Al Marah Hafidzhoh and Nisa, Nadia Madani and Zahra, Aulia and Dede, Setiabudi (2023) Belajar bermakna (meaningful learning) pada pembelajaran tematik. Student Scientific Creativity Journal, 1 (1): 32. pp. 390-397. ISSN 2985-3761
2985-3761_1_1_2023-32.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (751kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran bermakna merupakan proses pembelajaran dimana informasi baru dihubungkan dengan stuktur pengertian yang dimiliki seseorang dalam proses pembelajaran, Maksudnya pembelajaran bermakna terjadi apabila peserta didik mencoba menghubungkan fenomena baru dengan pengatahuan yang ia miliki, serta dikaitkan dengan pelajaran sehingga memunculkan konsep-konsep baru. Pengkajian Model Meaningful Learning pada pembelajaran tematik ini bertujuan untuk menghasilkan pembelajaran yang bermakna dalam penerapan pembelajaran tematik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Metode kepustakaan yang dilakukan dalam penelitian ini dengan cara mengumpulkan data, informasi yang terdapat dalam kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan mengkaji Konsep Model Pembelajaran Bermakna (Meaningful Learning) pada pembelajaran tematik. Dalam Model Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) terdapat beberapa model pembelajaran yang dapat menghasilkan pembelajaran bermakna, yaitu model pembelajaran peta konsep, model pembelajaran advance organizer, dan model pembelajaran kontekstual.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran bermakna, Tematik, Model, Peserta didik, Meaningful learning, Lesson planning, Study skills, Active learning, Student-centered learning |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 08:59 |
Last Modified: | 23 Apr 2024 08:59 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/28144 |