Dina, Nur Riska and Faizal, Aditya and Ma’rifatun, Utami and Muthia, Nurul Karimah and Dede, Indra Setiabudi (2023) Analisis kesulitan guru dalam mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran. Student Scientific Creativity Journal, 1 (1): 30. pp. 369-375. ISSN 2985-3761
2985-3761_1_1_2023-30.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (70kB) | Preview
Abstract
Bagi mayoritas instruktur dan pelamar sekolah dasar selama bertahun-tahun, pembelajaran tema sangatlah menantang. Kesulitan-kesulitan tersebut diantaranya kesulitan dalam perencanaan pembelajaran tematik. Kesulitan-kesulitan ini berdampak pada kesiapan dan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kesulitan yang dialami guru dalam hal merencanakan pembelajaran tematik di sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi pustaka. Data dalam studi ini dikumpulkan melalui dokumentasi dari berbagai sumber yang berkaitan dengan tema penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sulit menentukan tujuan pembelajaran dan penilaian (soal, skor dan kunci jawaban); sulit menguraikan KD menjadi indikator; sulit menyusun langkah pembelajaran dalam RPP; sulit menyesuaikan metode; sulit membuat media sendiri; serta kesulitan dalam menyesuaikan materi ajar dengan siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis kesulitan, Guru, RPP tematik, Education--Curricula, Teaching, Lesson planning, School children, Primary school teachers |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 07:45 |
Last Modified: | 23 Apr 2024 07:45 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/28142 |