Putri, Nabila and Rahmah, Rihhadatul ‘Aisy and Sifa, Qorita Aeni and Meity, Suryandari (2023) Penerapan pendidikan manajemen dakwah dalam pembelajaran digital di era milenial guna membangun kemampuan komunikasi interpersonal. Student Scientific Creativity Journal, 1 (1): 29. pp. 362-368. ISSN 2985-3761
2985-3761_1_1_2023-29.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (68kB) | Preview
Abstract
Karakter islami perlu dipupuk sejak dini dalam mengatasi meningkatnya kasus degradasi moral. Institusi pendidikan memiliki peran besar dalam pembinaan karakter mahasiswa terkhusus pada prodi manajemen dakwah yang berada di Institut Agama Islam Al Zaaytun Indonesia yang hadir di era milenial. Kampus ini menerapkan digital dakwah dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan kasus metode pembelajaran di Institut Agama Islam Al zaytun idonesia. Itu Hasil penelitian menggambarkan bahwa kampus ini memiliki manajemen pembelajaran yang unik, yaitu menerapkan dakwah digital dalam proses pembelajaran. Pada tahap perencanaan ini, dakwah digital dinilai telah direncanakan secara matang, hal ini terlihat dari kesiapan dosen dan mahasiswa dalam menerapkan program digital selama proses pembelajaran. Pada tahap implementasi, dakwah digital ini dirasakan sudah dilakukan efektif, terlihat dengan adanya aplikasi e-learning yang berkaitan dengan pembelajaran process, aplikasi mobile islami yang dapat diakses langsung dari handphone dan terkait kajian islami, serta animasi dakwah bergambar yang telah ada dibuat dan dirancang oleh mahasiswa dalam rangka penyebaran dakwah Islam. Adapun tahap evaluasi, dakwah digital ini berdampak positif untuk dinaikkan penyadaran kepada seluruh mahasiswa akan pentingnya menyebarkan Islam dan membina keislaman nilai-nilai dalam kehidupan sehari-hari, dan perlu ditingkatkan lebih kreatif lagi, agar demikian selalu update, variatif dan semakin menarik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pendidikan, Dakwah digital, Era milenial, Daʻwah (Islam), Social media--Religious aspects--Islam, Generation Y, Motivation in Islamic education |
Subjects: | Communication Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 08:24 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 08:24 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/28140 |