Efektifitas pendidikan dalam pendekatan problem solving dan meningkatkan kemampuan soft skill di era milenial

Anis, Fatihatul Madaniah and Infadzah, Al Shidqi and Torik, Mabruri and Sahlani, Sahlani and Meity, Suryandari (2023) Efektifitas pendidikan dalam pendekatan problem solving dan meningkatkan kemampuan soft skill di era milenial. Student Scientific Creativity Journal, 1 (1): 28. pp. 353-361. ISSN 2985-3761

[thumbnail of 2985-3761_1_1_2023-28.pdf]
Preview
Text
2985-3761_1_1_2023-28.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (73kB) | Preview

Abstract

Berpikir adalah aktivitas kebiasaan manusia yang memungkinkan manusia mengatasi keterbatasannya sehingga manusia dapat mengarahkan dirinya dan tindakannya ke arah yang lebih baik di masa depan. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif melalui studi pustaka, penelitian buku, majalah artikel ilmiah yang diperoleh dari media elektronik seperti internet dan google scholar. Peran pendidikan karakter dalam membentuk kemampuan berpikir kritis generasi muda di Indonesia sangat lah penting untuk dibahas. Aspek perilaku yang mentargetkan perubahan adalah perubahan cara berpikir, berperilaku, dan bertindak lebih baik mengembangkan keterampilan inovatif generasi muda. Hal ini tidak terlepas dari kesadaran setiap negara akan potensi generasi mudanya. Untuk meningkatkan kecerdikan dan harmoni teknologi dan industrialisasi dalam kehidupan sehari-hari. Pengembangan soft skill generasi muda di setiap negara memiliki metode dan indikasi yang berbeda. “Soft skills merupakan keterampilan dan kecakapan hidup, baik untuk sendiri, berkelompok, atau bermasyarakat, serta dengan sang pencipta. Dengan mempunyai soft skills membuat keberadaan seseorang akan semakin terasa di tengah masyarakat. Keterampilan akan berkomunikasi, keterampilan emosional, keterampilan berbahasa, keterampilan berkelompok, memiliki etika dan moral, santun dan keterampilan spiritual”. Dunia kerja tidak hanya memprioritaskan pada kemampuan akademik (hard skills) yang tinggi saja, tetapi juga memperhatikan kecakapan dalam hal nilai-nilai yang melekat pada seseorang atau sering dikenal dengan aspek soft skills. Oleh karena itu, generasi milenial saat ini harus meningkatkan keterampilan mereka dan menyadari pentingnya mengembangkan soft skill agar lebih kompetitif baik di tempat kerja, di dunia akademis maupun di dunia lingkungan masyarakat nya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Problem solving, Soft skills, Pendidikan, Milenial, Ability, Generation Y, Life skills
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 22 Apr 2024 08:16
Last Modified: 22 Apr 2024 08:16
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/28137

Actions (login required)

View Item
View Item