Karakteristik pembelajaran tematik yang ideal pada sekolah dasar

Siti, Rahimah Ikhsani and Arrum, Tangawunisma and Atika, Sholeha and Putra, Divanka and Dede, Indra Setiabudi (2023) Karakteristik pembelajaran tematik yang ideal pada sekolah dasar. Student Scientific Creativity Journal, 1 (1): 22. pp. 290-295. ISSN 2985-3761

[thumbnail of 2985-3761_1_1_2023-22.pdf]
Preview
Text
2985-3761_1_1_2023-22.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (71kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran tematik di sekolah dasar memiliki beberapa karakteristik khusus yang membedakannya dengan pendekatan pembelajaran lain. Anak usia sekolah / 6-12 tahun disebut masa sekolah, karena anak sudah menamatkan taman kanak-kanak sebagai lembaga persiapan bersekolah yang sebenarnya. Disebut masa matang untuk belajar, karena anak sudah berusaha untuk mencapai sesuatu, tetapi, perkembangan aktivitas bermain yang hanya bertujuan untuk mendapatkan kesenangan pada waktu melakukan aktivitas itu sendiri. Disebut masa matang untuk sekolah, karena anak sudah menginginkan kecakapan-kecakapan baru, yang dapat diberikan oleh sekolah (Nasution Noehi, 1993: 44). Menurut Banett, dkk., karakteristik anak usia SD, antara lain sebagai berikut. (1) Mereka secara alamiah memiliki rasa ingin tahu yang kuat dan tertarik akan dunia sekitar yang mengelilingi diri mereka sendiri. (2) Senang bermain dan lebih suka bergembira. (3) Suka mengatur dirinya untuk menangani berbagai hal, mengeksplorasi suatu situasi dan mencoba usaha-usaha baru. (4) Biasanya tergetar perasaannya dan terdorong untuk berprestasi sebagaimana mereka tidak suka mengalami ketidakpuasan dan menolak kegagalan-kegagalan. (5) Belajar secara efektif ketika merasa puas dengan situasi yang terjadi. (6) Belajar dengan cara bekerja, mengobservasi, berinisiatif dan mengajar anak-anak lainnya (Mulyani Sumantri & Nana Syaodih, 2000: 12).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Karakteristik pembelajaran tematik, Study and teaching (Primary), School children, Study and teaching (Elementary)--Activity programs, Education, Elementary--Aims and objectives
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 22 Apr 2024 03:12
Last Modified: 22 Apr 2024 03:12
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/28095

Actions (login required)

View Item
View Item