Dini, Nurul Insani and Chasan, Arif and Dede, Indra Setiabudi (2023) Implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar: Upaya pendidik membentuk karakter siswa dalam mempersiapkan generasi emas 2045 berbasis neurosains. Student Scientific Creativity Journal, 1 (1): 21. pp. 281-289. ISSN 2985-3761
2985-3761_1_1_2023-21.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (85kB) | Preview
Abstract
Pendidikan mutlak diperlukan bagi manusia karena mereka berusaha figur bentuk. Hal ini tidak lepas dari peran guru dan orang tua. Orang tua sebagai guru pertama, pembentukan karakter bukan sekedar kewajiban dilakukan saat lahir tetapi saat bayi masih dalam kandungan. Nanti Oleh karena itu, terutama guru sekolah dasar memikul tanggung jawab yang sama untuk mendesain melakukan guru harus menggunakan pendekatan character building berbasis otak (ilmu syaraf). Karena keberhasilan pembentukan karakter dimulai mengubah otak siswa. Ketika pendidikan karakter berbasis otak diterapkan sejak dini, artinya, pendidikan Indonesia lebih berkualitas dan bisa menyiapkan generasi emas 2045 berkualitas tinggi. Penelitian ini menggunakan basis kualitatif dalam tinjauan literatur. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pendidikan Pendidikan yang berkualitas adalah pendidikan yang mampu membentuk karakter peserta didiknya. Pelatihan karakter akan lebih efektif jika menggunakan pendekatan brain-scientific (neuroscientific) karena mengubah karakter diawali dengan mengubah otak siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Neurosains, Pendidikan karakter, Generasi emas 2045, Families, Parents, Generations, Moral education, School children, Early childhood educators |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 02:56 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 02:56 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/28091 |