Mardin, Mardin and Moch., Hasyim Fanirin and Dadan, Mardani (2023) Analisis pelaksanaan pembelajaran daring masa pandemi COVID-19 siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sukajati Haurgeulis. Student Scientific Creativity Journal, 1 (1): 20. pp. 270-280. ISSN 2985-3761
2985-3761_1_1_2023-20.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (94kB) | Preview
Abstract
Di tengah keadaan pandemi sekarang ini proses kegiatan belajar tetap harus terlaksana walaupun tidak secara langsung bertatap muka. Hal ini tentunya diperlukan media yang tepat dalam pembelajaran Daring untuk mendukung penerapan pembelajaran online di Madrasah Ibtidaiyah MI Muhammadiyah Sukajati Haurgeulis. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring masa Pandemi COVID-19 siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sukajati Haurgeulis. 2) Untuk mengetahui hambatan pelaksanaan pembelajaran daring masa Pandemi Covid-19 siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sukajati Haurgeulis. Metode penelitian ini menggunakan diskriptif kualitatif dengan mengunakan pendekatan kualitatif naturalistik. obyek penelitian ini Kepala Madrasah guru kelas V dan siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sukajati Haurgeulis. Sumber data penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Prosedur pengumpulan data mengunakan observsi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanan pembelajaran daring sangat membantu proses penyampaian informasi dari materi yang akan dipelajari. Dalam pembelajaran daring media selain itu aplikasi WhatsApp menjadi sarana dalam kegiatan belajar, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan memberikan kemudahan kepada guru maupun peserta didik dalam proses komunikasi selama melakukan pembelajaran online. Hambatan dalam penggunaan aplikasi WhatsApp dalam pembelajaran online yaitu gangguan sinyal yang mengakibatkan WhatsApp akan sulit diakses, kendala lain yaitu kurang efektifnya proses pembelajaran guru tidak bisa secara langsung melihat kesungguhan peserta didik, memori handpone yang cepat penuh dengan dokumen yang susah masuk akan terhambat.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan pembelajaran daring masa pandemi, COVID-19 Pandemic, 2020---Influence, Distance education, Web-based instruction, Muslims--Education, Madrasahs |
Subjects: | Health Resources > Environmental & Occupational Factors Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 22 Apr 2024 02:35 |
Last Modified: | 22 Apr 2024 02:35 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/28085 |