Habiburrahman, Habiburrahman and Marsella, Silvia (2023) Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image terhadap keputusan pembelian shampoo Pantene di Kota Metro. Ekonomika45, 10 (2). pp. 217-227. ISSN 2354-6581
2354-6581_10_2_2023-19.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Persaingan yang semakin ketat di industri kecantikan dan perawatan tubuh di Indonesia sejalan dengan inisiatif pemerintah untuk mengembangkan industri kosmetik melalui Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional (RIPIN). Di antara merek-merek kosmetik terkenal, Pantene telah memantapkan keunggulannya melalui duta merek yang ikonik dan citra merek yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen (brand ambassador dan brand image) terhadap variabel dependen, yaitu keputusan pembelian sampo Pantene. Menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melakukan analisis data deskriptif dan regresi linier berganda. Populasi penelitian ini adalah konsumen sampo Pantene di Kota Metro, dengan penentuan sampel secara purposive sampling. Hasil uji signifikan parsial (uji t) menunjukkan bahwa X1 (brand ambassador) dan X2 (brand image) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Y (keputusan pembelian) shampoo Pantene di Kota Metro. Selain itu, hasil uji signifikan secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa X1 (brand ambassador) dan X2 (brand image) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian shampoo Pantene di Kota Metro.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Brand Ambassador, Brand Image, Keputusan Pembelian |
| Subjects: | Administration & Management Economics and Business |
| Depositing User: | Ni Nyoman Mei Antari |
| Date Deposited: | 30 Apr 2025 06:41 |
| Last Modified: | 30 Apr 2025 06:41 |
| URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/28039 |


Dimensions
Dimensions