Pengembangan multimedia pembelajaran komposisi foto digital untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar

Handika, Asep Kurniawan and Sunaryo, Soenarto (2022) Pengembangan multimedia pembelajaran komposisi foto digital untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar. Jurnal Informatika dan Tekonologi Komputer, 2 (1): 8. pp. 80-89. ISSN 2809-9249

[thumbnail of 2809-9249_2_1_2022-8.pdf]
Preview
Text
2809-9249_2_1_2022-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (325kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran mata pelajaran komposisi foto digital dan mengetahui kelayakan produk berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli multimedia serta untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran terhadap minat belajar dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa angket minat belajar dan tes hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan produk berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh rerata skor 3,75 (sangat layak) dan ahli multimedia diperoleh rerata skor 3,73 (sangat layak). Minat belajar peserta didik yang menggunakan multimedia pembelajaran mata pelajaran komposisi foto digital lebih tinggi daripada minat belajar peserta didik yang menggunakan multimedia pembelajaran konvensional dengan nilai signifikansi sebesar 0,020. Kemudian Hasil belajar peserta didik yang menggunakan multimedia pembelajaran mata pelajaran komposisi foto digital lebih tinggi daripada hasil belajar peserta didik yang menggunakan multimedia pembelajaran konvensional dengan nilai signifikansi sebesar 0,000.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Multimedia pembelajaran, Komposisi foto digital, Minat belajar, Hasil belajar, Interactive multimedia, Photographs, Composition (Photography), Vocational school students
Subjects: Computers, Control & Information Theory
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 16 Apr 2024 04:08
Last Modified: 16 Apr 2024 04:08
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/27987

Actions (login required)

View Item
View Item