Neilin, Nikhlis and Dendy, Kurniawan (2022) Analisis tingkat kepuasan pengguna Google Classroom di masa pandemi menggunakan teknik EUCS. Jurnal Informatika dan Tekonologi Komputer, 2 (1): 1. pp. 1-8. ISSN 2809-9249
2809-9249_2_1_2022-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (280kB) | Preview
Abstract
Salah satu aplikasi yang digunakan untuk pembelajaran online adalah Google Classroom yang resmi diluncurkan pada Agustus 2014. Google Classroom merupakan aplikasi yang dapat membuat ruang kelas online sehingga dapat menjadi media penyampaian materi, pendistribusian dan pengumpulan tugas, serta evaluasi tugas yang telah dikumpulkan oleh siswa. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh langsung dari responden yang menjadi objek penelitian dengan menyebarkan kuesioner dan melakukan wawancara terstruktur untuk mendapatkan data yang akurat tentang Kepuasan Pengguna Google Classroom di Masa Pandemi Menggunakan Teknik EUCS. Metode pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan tahapan survei dan wawancara dengan teknik Focus Group Discussion (FGD). Teknik FGD dilakukan untuk mendapatkan persepsi responden terhadap suatu topik sesuai dengan kebutuhan dan tujuan penelitian. Hasil analiasis tingkat kepuasan pengguna google classroom di masa pandemi menggunakan teknik EUCS dengan responden mahasiswa universitas stekom Kendal dengan Teknik FGD menunjukan 40% merasa sangat puas pada factor kemudahan pengguna, sedangkan 15% responden menyarakan sangat tidak puas pada factor ketepatan waktu.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan pengguna, Google Classroom, EUCS, Consumer satisfaction, College students, Application software, Web applications, Distance education, Web-based instruction |
Subjects: | Computers, Control & Information Theory Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 05 Apr 2024 02:01 |
Last Modified: | 05 Apr 2024 02:01 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/27728 |