Yulifda, Elin Yuspita and Muhammad, Rezeki (2022) Sistem informasi pusat pengaduan pelayanan masyarakat menggunakan work system framework. Jurnal Teknik Mesin, Industri, Elektro dan Informatika, 1 (3): 1. pp. 1-13. ISSN 2963-8208
2963-8208_1_3_2022-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (628kB) | Preview
Abstract
Pelayanan publik atau layanan masyarakat diartikan sebagai pemberian layanan kepada masyarakat yang mempunyai kepentingan. Balai Konservasi Dan Sumber Daya Alam adalah sebuah Instansi yang bergelut di bidang konservasi dan sumber daya alam yang bertanggung jawab mengawasi upaya-upaya penangkaran dan pemeliharaan tumbuhan dan satwa dilindungi oleh perorangan, perusahaan dan lembaga. Masyarakat merupakan sumber informasi utama bagi instansi ini dalam hal pemantauan terhadap pemanfaatan sumberdaya alam di lingkugannya, tetapi justru masyarakat sendiri yang jarang memberikan informasi dikaranakan masyarakat harus melakukan pelaporan secara langsung dan membutuhkan waktu dan biaya untuk melakukan pelaporan. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk memberikan pelayanan yang baik adalah dengan membagun aplikasi sistem informasi untuk media komunikasi dengan pendekatan Work System Framework. Work System Framework adalah sebuah sistem dimana manusia atau mesin berpartisipasi menjalankan proses bisnis dengan menggunakan informasi, teknologi dan sumber daya, dalam melakukan analisa dan perancangan dilakukan kan pemodelan dengan Unified modeling language.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelayanan publik, Sistem kerangka kerja, Unified modeling language, Public services, Work system, Community service |
Subjects: | Computers, Control & Information Theory > Control Systems & Control Theory Administration & Management > Management Information Systems |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 01 Apr 2024 08:54 |
Last Modified: | 01 Apr 2024 08:54 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/27552 |