Upaya meningkatkan prestasi belajar melalui penerapan model pembelajaran langsung (directive learning) kelas VIII H mata pelajaran IPS semester 2 di SMPN 1 Ponorogo tahun ajaran 2021-2022

Nursamsu, Nursamsu (2022) Upaya meningkatkan prestasi belajar melalui penerapan model pembelajaran langsung (directive learning) kelas VIII H mata pelajaran IPS semester 2 di SMPN 1 Ponorogo tahun ajaran 2021-2022. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2 (2): 15. pp. 193-208. ISSN 2962-4452

[thumbnail of 2962-4452_2_2_2022-15.pdf]
Preview
Text
2962-4452_2_2_2022-15.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran langsung (directive learning) dalam meningkatkan prestasi belajar Kelas VIII H Mata Pelajaran IPS Semester 2. Rancangan penelitian yang akan dilakukan adalah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode yang pengumpulan data melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah: setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan model pembelajaran langsung (directive learning) siswa Kelas VIII H SMPN 1 Ponorogo perubahan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari prestasi belajarnya yang cenderung meningkat dan hasil observasi aktivitas siswa. Hal itu dapat dilihat dari hasil observasi bahwa aktivitas siswa pada siklus I sebesar 66.66%, sedangkan pada siklus II sebesar 82.5%. Dengan demikian, berarti pada siklus II Prestasi belajar siswa sudah meningkat dibanding dengan siklus I. Hal ini juda dibuktikan dengan perolehan Prestasi belajar siswa pada tes pra tindakan, siklus I dan siklus II. Nilai taraf keberhasilan mengalami perubahan yang cenderung meningkat dari 68 pada pra tindakan, meningkat 75.7 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 83.5 pada siklus II. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran langsung (directive learning) dalam meningkatkan prestasi belajar Kelas VIII H Mata Pelajaran IPS Semester 2 di Kelas VIII H SMPN 1 Ponorogo.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, Model pembelajaran langsung (directive learning), Education, Study skills, Self-culture, Observation (Educational method), Interaction analysis in education, Learning method
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 01 Apr 2024 07:15
Last Modified: 01 Apr 2024 08:57
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/27549

Actions (login required)

View Item
View Item