Analisis hasil belajar, gender dan Self Regulated Learning (SRL) mahasiswa menggunakan algoritma k-means clustering

Muhammad, Wahid Syaifuddin and Septiana, Wijayanti and Nugroho, Arif Sudibyo (2022) Analisis hasil belajar, gender dan Self Regulated Learning (SRL) mahasiswa menggunakan algoritma k-means clustering. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2 (2): 11. pp. 141-147. ISSN 2962-4452

[thumbnail of 2962-4452_2_2_2022-11.pdf]
Preview
Text
2962-4452_2_2_2022-11.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (230kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah menggunakan algoritma clustering pada hasil belajar, gender dan SRL. Pada penelitian ini digunakan metode K-Means clustering. Pada penelitian ini proses perhitungan dibantu dengan software Orange. Penentuan jumlah cluster dengan software Orange berdasarkan Sihouette Score. Hasil menunjukkan bahwa diperoleh tujuh cluster dengan tiga variabel yaitu hasil belajar, gender dan self regulated learning. Dari cluster tersebut, bisa digunakan untuk pembentukan grup dan pemetaan mahasiswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Gender, SRL, K-Means Clustering, Education, Independent study, Competency-based education, Cluster analysis--Data processing, Results mapping
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 01 Apr 2024 03:35
Last Modified: 01 Apr 2024 03:35
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/27533

Actions (login required)

View Item
View Item