Pengembangan wisata edukasi berkelanjutan: Studi kasus di Museum Radya Pustaka

Bartolomeus, Herawan Mintardjo (2022) Pengembangan wisata edukasi berkelanjutan: Studi kasus di Museum Radya Pustaka. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2 (2): 6. pp. 70-80. ISSN 2962-4452

[thumbnail of 2962-4452_2_2_2022-6.pdf]
Preview
Text
2962-4452_2_2_2022-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Museum Radyapustaka adalah museum tertua dan tujuan populer untuk wisata edukasi. Namun ada berbagai kendala sehingga dalam pelaksanaannya, wisata edukasi di Museum Radyapustaka belum optimal sehingga perlunya pengembangan model wisata edukasi berkelanjutan yang dapat bermanfaat baik bagi pengunjung museum maupun museum. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif digunakan untuk memperoleh data berdasarkan kondisi faktual yang terjadi, observasi lapangan, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menghasilkan model baru untuk pendidikan berkelanjutan di Museum Radyapustaka yang mengacu pada kebijakan pendidikan museum, pendidikan dan indikator pariwisata berkelanjutan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Development, Wisata edukasi, Berkelanjutan, Museum, Sustainable tourism, Tourism development, Tourist industry
Subjects: Urban & Regional Technology & Development > Recreation
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 12 Oct 2023 05:30
Last Modified: 12 Oct 2023 05:30
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/27496

Actions (login required)

View Item
View Item