Mona, Indrianie (2022) Efektivitas pelayanan kependudukan/pencatatan sipil pada program one day service 3 in 1 oleh dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota Cimahi. Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan dan Humaniora, 1 (1). pp. 36-40. ISSN 2829-3886
2829-3479_1_1_2022-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (626kB) | Preview
Abstract
“one day service 3 in 1 “merupakan program pelayanan satu percepatan dimana setiap pemohon yang mengurus satu dokumen nantinya pihak dinas memberikan 3 dokumen sekaligus. program pelayanan ini untuk melayani kependudukan/pencatatan sipil di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota cimahi, tetapi dari beberapa jenis layanan dalam program pelayanan tersebut peneliti hanya berfokus pada satu jenis layanan saja yaitu akta kelahiran nantinya akan dibuatkan 3 dokumen sama pihak dinas seperti (akta kelahiran, kartu keluarga (penambahan anggota keluarga), dan kartu identitas anak) agar dapat memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang efektifitas pelayanan kependudukan/pencatatan sipil pada program one day service 3 in 1 di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota Cimahi. Dalam laporan hasil penelitian ini akan dibahas mengenai Efektivitas Pelayanan Kependudukan/pencatatan sipil pada program tersebut, hambatan yang dihadapi dalam pelayanan kependudukan/pencatatan sipil pada program tersebut dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota cimahi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. untuk teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori dan indikator dari Moenir (2006).
Penelitian ini menunjukkan bahwa efektifitas pelayanan kependudukan/pencatatan sipil pada program one day service 3 in 1 belum efektif, karena memiliki permasalahan seperti banyak yang belum ditanggapi dan diproses oleh operator disebabkan keterbatasan waktu selama PPKM level 4, jaringan kadang-kadang lambat,kurang disiplin selama bertugas yang ditetapkan dan kelalaian setiap pegawainya yang mengurus program pelayanan tersebut.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Pelayanan kependudukan/pencatatan sipil one day service 3 in 1, Public services, Population censuses, Civil registration |
Subjects: | Administration & Management Administration & Management > Public Administration & Government |
Depositing User: | I Made Budhi Gautama |
Date Deposited: | 18 Aug 2024 13:41 |
Last Modified: | 18 Aug 2024 13:41 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/27361 |