Sofhie, Suhartini (2022) Desain media pembelajaran berbasis animasi powtoon dalam menulis teks puisi untuk siswa kelas X SMA. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 1 (1): 5. pp. 48-59. ISSN 2829-727X
2829-727X_1_1_2022-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya media pembelajaran yang dinilai kurang aktif, kreatif dan inovatif untuk menunjang proses belajar siswa. Terutama dalam hal menulis puisi. Manfaat dari animasi Powtoon ini di antaranya adalah media pembelajaran yang melibatkan audio visual. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Model yang digunakan merupakan turunan dari model ADDIE namun dalam penelitian ini peneliti hanya menggunakan tahap awal yaitu tahap (analysis) analisis dan (Design) desain. Berdasarkan hasil analisis kurikulum, peneliti merancang desain pembelajaran menulis teks puisi berbasis animasi Powtoon. Pertama, peneliti menggunakan Microsoft Word untuk membuat kerangka desain, kemudian menggunakan aplikasi Powtoon untuk mendesain pembelajaran. Peneliti membahas proses pembuatan desain media pendidikan. Perbaikan yang dilakukan peneliti untuk mendapatkan hasil yang terbaik dalam perancangan media pembelajaran. Diharapkan hasil rancangan pembelajaran menulis teks puisi untuk kelas X SMA yang dikembangkan peneliti dapat bermanfaat bagi siswa. Artinya, siswa secara mandiri dapat mencapai tingkat kemahiran dan meningkatkan kreativitas menulis khususnya dalam teks puisi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, Animasi powtoon, Menulis teks puisi, Poetry, Learning media, Animation, Powtoon animation, Upper secondary education, Secondary school students |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Language > Linguistics |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 07:38 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 07:38 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/27339 |