Pemodelan Tinggi Muka Air menggunakan jaringan syaraf tiruan

Hidayat, Hidayat (2015) Pemodelan Tinggi Muka Air menggunakan jaringan syaraf tiruan. In: Prosiding Seminar Nasional Limnologi VII, 16 Sep 2014, Gedung APCE, Cibinong Science Centre-Botanical Garden.

[thumbnail of Prosiding_2014_Hidayat_368-377.pdf]
Preview
Text
Prosiding_2014_Hidayat_368-377.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Aplikasi Jaringan Syaraf Tiruan (JST) pada studi perairan telah berkembang pada dua setengah dasawarsa terakhir seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi. Pemodelan-Tinggi Muka Air (TMA) merupakan salah satu aplikasi JST yang telah banyak dilakukan saat ini,-namun pemodelan TMA pada daerah pasang surut masih jarang dilaporkan. Disamping aliran sungai-dari hulu, TMA di daerah pasang surut juga dipengaruhi penjalaran gelombang pasang surut air laut. Penelitian ini bertujuan mengetahui sejauh mana JST dapat diaplikasikan untuk memodelkan TMA-pada perairan Sungai Mahakam di kota Tenggarong dimana pengaruh pasang surut masih sangat-dominan. Data yang digunakan sebagai input untuk model JST ini adalah seri waktu TMA Sungai-Mahakam segmen tengah di Muara Muntai yang berjarak lebih dari 100 km dari Tenggarong dan-prediksi pasang surut air laut di luar Delta Mahakam yang berjarak sekitar 100 km dari Tenggarong. Data TMA diperoleh dari hasil pengukuran dengan menggunakan pressure sensor dan prediksi pasang-surut air laut diperoleh dari TPXO global tidal solution. Langkah waktu yang digunakan pada-penelitian ini adalah 1 jam. Masing-masing data seri waktu dibagi menjadi training set (seri pelatihan)-dan validation set (seri validasi). Evaluasi model berdasarkan nilai korelasi (r) dan efisiensi model-Nash-Sutcliffe (NSE) menunjukkan bahwa JST dapat memodelkan TMA dengan baik yang ditunjukkan dengan relatif konsistennya nilai r dan NSE selama periode pelatihan dan validasi,-masing-masing dengan nilai > 0.9. Selanjutnya model JST ini dapat digunakan untuk memprediksi-TMA beberapa jam/hari ke depan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Tinggi muka air, Pasang surut, Sungai Mahakam, Model, Jaringan syaraf tiruan, Neural networks, Mahakam River, Submerged lands, Water surface
Subjects: Natural Resources & Earth Sciences > Hydrology
Atmospheric Sciences > Meteorological Data Collection, Analysis, & Weather Forecasting
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:36
Last Modified: 10 Oct 2023 02:36
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/27231

Actions (login required)

View Item
View Item