Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa transportasi ojek online (studi pada pelanggan gojek di Kota Semarang)

Pandega, Ricky Andika and Rauly, Sijabat and Ika, Indriasari (2023) Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa transportasi ojek online (studi pada pelanggan gojek di Kota Semarang). Jurnal Riset Manajemen dan Ekonomi, 1 (1). pp. 17-33. ISSN 2985-623X

[thumbnail of Jurnal Riset Manajemen dan Ekonomi]
Preview
Text (Jurnal Riset Manajemen dan Ekonomi)
2985-623X _1_1_2023-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Persaingan ojek dipengaruhi oleh maraknya layanan ojek online. Hal ini disebabkan oleh persaingan harga dan banyaknya pilihan layanan ojek internet. Hal ini menyebabkan konsumen menjadi pemilih. Pelanggan akan memilih opsi alternatif yang kepemimpinannya mencerminkan preferensi mereka. Layanan ojek online, khususnya GOJEK, harus mampu membangkitkan kepuasan klien untuk mempersiapkan skenario ini. Penelitian ini menggunakan penelitian survei sebagai metodologinya. Informasi dikumpulkan dari responden menggunakan kuesioner dalam penelitian survei. Dalam penelitian ini, jumlah pertanyaan dalam kuesioner penelitian sebanyak 42, sehingga jumlah sampel 5 kali jumlah pertanyaan atau sebanyak 5 x 42 210, sehingga jumlah sampel yang digunakan sebanyak 210 orang. Namun berdasarkan perhitungan jumlah sampel tersebut melebihi dari batas maksimal sampel yang disyaratkan oleh Hair (1995), sehingga dalam penelitian menggunakan sampel sebanyak 200 orang.Pengujian validitas instrumen pada penelitian ini menggunakan program SmartPLS 3.0 for windows. Pengukuran validitas instrument diuji berdasarkan pada output Outer Loading dan nilai Average Variance Extracted (AVE).Berdasarkan penelitian yang dilakukan, hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan merupakan faktor yang tidak mempengaruhi kepuasan pelanggan GOJEK di kota Semarang. Dapat dilihat dari nilai P-Value (0,128), persepsi harga merupakan faktor yang tidak mempengaruhi kepuasan pelanggan GOJEK di kota Semarang. Dapat dilihat dari nilai P-Value (0,051),citra merek merupakan faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan GOJEK di kota Semarang. Dapat dilihat dari nilai P-Value (0,000)1. Terdapat pengaruh yang tidak signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa transportasi ojek online GOJEK di Kota Semarang. H 2. Terdapat pengaruh yang tidak signifikan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa transportasi ojek online GOJEK di Kota Semarang. . 3. Terdapat pengaruh yang signifikan citra merek terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa transportasi ojek online GOJEK di Kota Semarang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, Persepsi Harga, Citra Merek
Subjects: Administration & Management
Economics and Business
Depositing User: Ni Nyoman Mei Antari
Date Deposited: 03 Mar 2025 02:36
Last Modified: 03 Mar 2025 02:36
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/27110

Actions (login required)

View Item
View Item