Analisis kemampuan pemecahan masalah menggunakan pemodelan matematika pada materi program linear di sekolah menengah

Alifatul, Muyasaroh (2023) Analisis kemampuan pemecahan masalah menggunakan pemodelan matematika pada materi program linear di sekolah menengah. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1 (1): 18. pp. 202-211. ISSN 2963-5934

[thumbnail of 2963-5934_1_1_2023-18.pdf]
Preview
Text
2963-5934_1_1_2023-18.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah pada permasalahan kehidupan sehari-hari berbentuk soal cerita banyak ditemui terutama pada materi program linear. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dengan pemodelan matematika peserta didik kelas XI di salah satu sekolah menengah di Kota Semarang. Sampel pada penelitian ini diambil secara acak yaitu peserta didik kelas XI berjumlah 17 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes berbentuk uraian materi Program Linear. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah menggunakan pemodelan matematika pada peserta didik kategori rendah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah, Pemodelan matematika, Program linear, Linear programming, Secondary education, Problem solving, Mathematical modeling
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 09 Oct 2023 03:12
Last Modified: 09 Oct 2023 03:12
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/27097

Actions (login required)

View Item
View Item