Kondisi biologis udang alam Danau Sentarum – Kalimantan Barat dan Danau Tondano – Sulawesi Utara

Djamhuriyah, S. Said and Nina, Hermayani Sadi and Hasan, Fauzi and Ira, Akhdiana and Agus, Waluyo and Sahroni, Sahroni (2015) Kondisi biologis udang alam Danau Sentarum – Kalimantan Barat dan Danau Tondano – Sulawesi Utara. In: Prosiding Seminar Nasional Limnologi VII, 16 Sep 2014, Gedung APCE, Cibinong Science Centre-Botanical Garden.

[thumbnail of Prosiding_2014_Djamhuriyah S. Said_77-90.pdf]
Preview
Text
Prosiding_2014_Djamhuriyah S. Said_77-90.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Udang merupakan salah satu komponen dalam suatu ekosistem. Udang di alam memiliki banyak fungsi antara lain sebagai penyeimbang ekologis karena berperan dalam hubungan predatormangsa. Hilangnya komponen (udang) dapat mengganggu kestabilan ekologis suatu ekosistem seperti-halnya sebuah ekosistem danau seperti Danau Sentarum dan D. Tondano. Penelitian yang dilakukan di-tahun 2013 menelaah kondisi produktivitas kedua danau terssebut, khususnya dilihat dari kondisi-udang yang terdapat di dalamnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di D. Sentarum diperoleh-satu jenis udang alami asli Indonesia yaitu Macrobrachium sintangense dan tidak terkontaminasi oleh-jenis udang introduksi. Kondisi M. sintangense bereproduksi sepanjang tahun dan puncaknya diduga-pada Bulan April. Ukuran induk bertelur antara 34 – 39 mm dengan jumlah telur 52-133 butir. Sedangkan di D. Tondano diperoleh 2 jenis udang yaitu Macrobrachium lanchesteri dalam jumlah-yang sangat sedikit, dan didominasi oleh jenis Caridina gracilipes yang merupakan typelocality. Selain kedua jenis udang tersebut juga ditemukan krustasea lainnya yaitu lobster air tawar (Cherax-quadricarinatus). Berdasarkan kondisi biologis (reproduksi) yang diperoleh menunjukkan bahwa-udang Caridina gracilipes berukuran 14-21 mm dengan kisaran jumlah telur 22-151 butir juga diduga-bereproduksi sepanjang tahun. Macrobrachium lanchesteri dan Cherax quadricarinatus merupakan-jenis asing yang perlu dikendalikan karena dikhawatirkan akan menjadi spesies invasif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Udang alam, Danau Sentarum, Danau Tondano, Lake Sentarum, Lake Tondano, Macrobrachium sintangense, Caridina gracilipes, Cherax quadricarinatus
Subjects: Natural Resources & Earth Sciences > Limnology
Agriculture & Food > Fisheries & Aquaculture
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 09 Oct 2023 03:17
Last Modified: 09 Oct 2023 03:17
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/27095

Actions (login required)

View Item
View Item