Kurikulum merdeka dalam pandangan filsafat esensialisme

Nurur, Rubingah and Pipit, Saraswati Indriasari and Endang, Fauziati and Indri, Indri (2023) Kurikulum merdeka dalam pandangan filsafat esensialisme. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1 (1): 13. pp. 136-147. ISSN 2963-5934

[thumbnail of 2963-5934_1_1_2023-13.pdf]
Preview
Text
2963-5934_1_1_2023-13.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (95kB) | Preview

Abstract

Esensialisme merupakan aliran filsafat yang menekankan pada kebudayaan dan upaya menyiapkan manusia untuk hidup. Kurikulum merdeka bertujuan untuk memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia pada masa pandemi dan pasca pandemi serta untuk membentuk Profil Pelajar Pancasila. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan penelitian kepustakaan. Implikasi dari penelitian ini adalah adanya kesesuaian pandangan dalam filsafat esensialisme ini terhadap kurikulum merdeka.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Esensialisme, Filsafat, Kurikulum merdeka, Competency-based education, Life skills, Study skills, Curriculum planning, Essentialism (Philosophy)
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 19 Mar 2024 01:45
Last Modified: 19 Mar 2024 01:45
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/27069

Actions (login required)

View Item
View Item