Nurur, Rubingah and Pipit, Saraswati Indriasari and Endang, Fauziati and Indri, Indri (2023) Kurikulum merdeka dalam pandangan filsafat esensialisme. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1 (1): 13. pp. 136-147. ISSN 2963-5934
2963-5934_1_1_2023-13.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (95kB) | Preview
Abstract
Esensialisme merupakan aliran filsafat yang menekankan pada kebudayaan dan upaya menyiapkan manusia untuk hidup. Kurikulum merdeka bertujuan untuk memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia pada masa pandemi dan pasca pandemi serta untuk membentuk Profil Pelajar Pancasila. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan penelitian kepustakaan. Implikasi dari penelitian ini adalah adanya kesesuaian pandangan dalam filsafat esensialisme ini terhadap kurikulum merdeka.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Esensialisme, Filsafat, Kurikulum merdeka, Competency-based education, Life skills, Study skills, Curriculum planning, Essentialism (Philosophy) |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 19 Mar 2024 01:45 |
Last Modified: | 19 Mar 2024 01:45 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/27069 |