Peningkatan motivasi belajar siswa melalui penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPA

Chery, Yanti (2023) Peningkatan motivasi belajar siswa melalui penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPA. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1 (1): 12. pp. 122-135. ISSN 2963-5934

[thumbnail of 2963-5934_1_1_2023-12.pdf]
Preview
Text
2963-5934_1_1_2023-12.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (821kB) | Preview

Abstract

Menumbuhkan motivasi belajar pada siswa bukanlah hal yang mudah sebab sebagian dari mereka belum menyadari akan pentingnya motivasi belajar bagi dirinya sendiri. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa dari 20 siswa kelas VI hanya ada 9 siswa (45%) yang mencapai ketuntasan belajar dengan motivasi belajar yang tinggi dan 11 siswa (55%) lainnya masih belum tuntas. Dari permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas dan penerapan pendekatan saintifik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil tindakan yang dilakukan terjadi peningkatan daya serap kelompok terhadap motivasi belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik yang terjadi pada Siklus I dan II masing-masing sebesar 69,91% dan 81,43%. Sedangkan peningkatan ketuntasan kelompok terhadap motivasi belajar siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik yang terjadi pada Siklus I dan II masing-masing sebesar 60,00% dan 85,00%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI MI Negeri 2 Gowa Kec. Bajeng Kab. Gowa tahun pelajaran 2019-2020. Selain itu juga, pendekatan saintifik sangat efektif diterapkan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI MI Negeri 2 Gowa Kec. Bajeng Kab. Gowa tahun pelajaran 2019-2020.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar siswa, Pembelajaran saintifik, Classrooms, Motivation in education, Problem-based learning, Learning strategies, School children, Science
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 18 Mar 2024 06:23
Last Modified: 18 Mar 2024 06:23
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/27068

Actions (login required)

View Item
View Item