Pengaruh kepercayaan diri dan penguasaan struktur kalimat terhadap keterampilan menulis teks recount bahasa Inggris siswa Sekolah Menengah Pertama swasta di Kabupaten Bekasi

Lalan, Ruslanudin (2023) Pengaruh kepercayaan diri dan penguasaan struktur kalimat terhadap keterampilan menulis teks recount bahasa Inggris siswa Sekolah Menengah Pertama swasta di Kabupaten Bekasi. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1 (1): 10. pp. 84-107. ISSN 2963-5934

[thumbnail of 2963-5934_1_1_2023-10.pdf]
Preview
Text
2963-5934_1_1_2023-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kepercayaan diri dan penguasaan struktur kalimat secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis teks recount bahasa Inggris, untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kepercayaan diri terhadap keterampilan menulis teks recount bahasa Inggris,dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penguasaan struktur kalimat terhadap keterampilan menulis teks recount bahasa Inggris, pada siswa SMP swasta di Kabupaten Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah survei. Sampel berukuran 60 siswa yang dipilih secara acak dari seluruh siswa kelas delapan di SMP Islam Al Amin berjumlah 180 siswa dan Baiturrahman berjumlah 120 siswa. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik angket kepercayaan diri, tes struktur kalimat, dan tes menulis teks recount bahasa Inggris. Analisis data terdiri dari analisis statistik deskriptif, uji hipotesis penelitian yaitu analisis korelasi dan regresi ganda, dan uji validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan kepercayaan diri dan penguasaan struktur kalimat secara bersama-sama terhadap keterampilan menulis teks recount bahasa Inggris. Hal ini dibukti kandengan nilai Sig = 0.473 > 0.05 dan F hitung =0.760, (2) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan kepercayaan diri terhadap keterampilan menulis teks recount bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,942 > 0.05 dan t hitung = 0.073,dan (3) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan penguasaan struktur kalimat terhadap keterampilan menulis teks recount bahasa Inggris. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. = 0,227 > 0,05dan thitung = 1.221.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan diri, Penguasaan struktur kalimat, Keterampilan menulis, Teks recount bahasa Inggris, Secondary education, Sentence structure, Writing skills, English language
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Language > Linguistics
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 09 Oct 2023 01:37
Last Modified: 09 Oct 2023 01:38
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/27057

Actions (login required)

View Item
View Item