Eunike, Manurung (2023) Pengaruh penerapan model quick on the draw terhadap kemampuan memahami teks biografi siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan dan Filsafat, 1 (1). pp. 114-126. ISSN 2986-2965
2986-2965_1_1_2023-11.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui kemampuan memahamiteks Biografi siswa kelas X SMK N 1 Lumban Julu Tahun Pembelajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain two group post-test design. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas X RPL 1 yang terdiri dari 30 orang siswa dan siswa kelas X RPL 2 dengan jumlah 30 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dengan menggunakan uji persyaratan analisis, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan memahami teks biografi siswa kelas eksperimen adalah 84,2 tergolong ke dalam kategori baik sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 59.03 tergolong ke dalam kategori cukup dan belum memenuhi Kriteria KetuntasanMinimal (KKM) yaitu 75. Berdasarkan uji t diperoleh nilai taraf signifikansi α = 0,05 dengan dk = N-1 = 29, sehingga diperoleh nilai ketentuan ttabel sebesar 2,045. Dengan demikian disimpulkan thitung> ttabelyakni 8,446> 2,045sehingga hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaranQuick On the Draw terhadap kemampuan memahami teks biografi siswa kelas X SMK N 1 Lumbanjulu Tahun Pembelajaran 2022/2023.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Model Quick On the Draw, Kemampuan Memahami, Teks Biografi |
| Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
| Depositing User: | Ni Nyoman Mei Antari |
| Date Deposited: | 03 Mar 2025 02:32 |
| Last Modified: | 03 Mar 2025 02:32 |
| URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/27053 |


Dimensions
Dimensions