Meningkatkan kemampuan mengajar guru pasca pandemi Covid-19 melalui supervisi akademik perorangan

Sri, Wahyuni (2023) Meningkatkan kemampuan mengajar guru pasca pandemi Covid-19 melalui supervisi akademik perorangan. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1 (1): 5. pp. 40-48. ISSN 2963-5934

[thumbnail of 2963-5934_1_1_2023-5.pdf]
Preview
Text
2963-5934_1_1_2023-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya peningkatan kemampuan mengajar guru melalui pelaksanaan supervisi akademik tehnik perorangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kajian literatur. Analisis data menggunakan analsiis kualitatif deskriptif. Dunia pendidikan di era New Normal mengalami perubahan sebagai dampak dari pademi sertakemajuan tehnologi. Oleh karena itu, perlu adanya pelaksanaan superviisi untuk meningkatkan kemampuan mengajar guru. Beberapa kegiatan supervisi perorangan yang dilakukan oleh kepala sekolah seperti kunjungan kelas, observasi kelas, pertemuan individual, kunjungan antarkelas, dan penilaian diri sendiri dilaksanakan olah kepala sekolah lebih terfokus pada penilaian yang komperhensif terhadap kualitas pelaksanaan tugas guru dan tidak hanya menyasar pada kelengkapan administrasi saja. Penggunaan instrumen penilaian dalam pelaksanaan supervisi akademik tehnik perorangan berdampak positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan mengajar, Covid-19, Supervisi akedemik, Creative teaching, School management and organization, School supervision, Elementary, Elementary school principals
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 18 Mar 2024 03:21
Last Modified: 18 Mar 2024 03:21
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/27036

Actions (login required)

View Item
View Item