Peran orang tua dan pendidik dalam pendampingan anak di era gedget

Heri, Rusli Effendi and Siminto, Siminto and Muslimah, Muslimah (2023) Peran orang tua dan pendidik dalam pendampingan anak di era gedget. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1 (1): 4. pp. 23-35. ISSN 2963-5934

[thumbnail of 2963-5934_1_1_2023-4.pdf]
Preview
Text
2963-5934_1_1_2023-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (121kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah hal mendasar yang dibutuhkan oleh manusia untuk menghadapi tantangan kehidupan, pendidikan juga menjadi hal yang sangat berperan menentukan masa depan generasi kedepan. Proses pendidikan baik sarana maupun metode senantiasa berkembang mengikuti perkembangan zaman, maka sebagai tenaga pendidik atau perancang metode pendidikan harus senantiasa meng update menyesuaikan dengan tantangan zaman. Sehingga kita tidak tertinggal oleh kemajuan zaman dan kemajuan tekhnologi informasi. Saat ini kita berada di era milenia generasi X atau lebih akrab kita menyebutnya dengan Zaman Now maka sudah menjadi keharusan semua pola pendidikan, metode maupun sarana pendidikan menyesuaikan dengan Era Minenia atau Generasi Zaman Now. Kemajuan tekhnologi di bidang informasi dan komunikasi merupakan suatu hal yang bermanfaat dalam dunia ilmu pengetahuan. Begitu juga dengan anak anak kita mereka hidup bukan di zaman kita, mereka hidup dengan tantangan kemajuan tekhnologi dan informasi yang begitu cepat, sudah seharusnya anak anak kita senantiasa dapat mengikuti perkembangan zaman dan memanfaatkan kemajuan tekhnologi untuk memudahkan mereka dalam menjalankan proses belajar dan mendapatkan berbagai informasi yang bermanfaat untuk kehidupannya. Sehingga penulis berpendapat sangat penting anak anak untuk senantiasa berinteraksi dengan perkembangan tekhnologi informasi saat ini. Namun dari berbagai manfaat teknologi informasi bagi anak didik kita, sebaliknya terkhnologi informasi juga bisa menjadi ancaman bagi anak anak kita jika mereka tidak bisa mengendalikan tekhnologi tersebut atau bahkan mereka dikendalikan oleh tekhnologi. Kita bisa liat dampak negatif yang terjadi dengan adanya kemajuan tekhnologi komunikasi dan informasi ini, medsos, game online, pornografi, bullying, penipuan, LGBT dan berbarbagai kejahatan cyber lainnya telah siap mengancam anak anak kita saat mereka berinteraksi di dunia maya, kita tidak bisa menghindarkan generasi kita dari kemajuan tekhnologi komunikasi dan informasi inikarena semua itu sudah melekat dalam kehidupannya, sudah bukan hal yang aneh anak anak Sekolah Dasar sudah memiliki gedget, sudah memiliki akun facebook, instagram, line dan media sosial lainnya. Menjauhkan anak anak kita dari hiruk pikuk kemajuan teknologi informasi dan komunikasi tentunnya sesuatu yang tidak mungkin, maka yang dapat kita lakukan adalah memberikan pendampingan dalam hal pendidikan kepada anak anak zaman now. Penelitian ini di lakukan untuk mendapatkan informasi Hal apa saja yang seharusnya di lakukan oleh orang tua tenaga pendidik dalam menjalankan proses pendidikan di zaman now ini. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan diskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan ini diharapkan bisa beguna untuk referensibagaimana mendampingi anak didik kita di era digital.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidik, Orang tua, Teknologi informasi, Gadget, Educators, Home and school, Parent-teacher relationships, Information technology, Smartphones
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 18 Mar 2024 03:09
Last Modified: 18 Mar 2024 03:09
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/27035

Actions (login required)

View Item
View Item