Analisis kebutuhan awal pengembangan bahan ajar IPA bagi siswa sekolah dasar

Durratus, Sa’diyah (2023) Analisis kebutuhan awal pengembangan bahan ajar IPA bagi siswa sekolah dasar. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1 (1): 2. pp. 11-17. ISSN 2963-5934

[thumbnail of 2963-5934_1_1_2023-2.pdf]
Preview
Text
2963-5934_1_1_2023-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan awal pengembangan bahan ajar sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan isntrumen penelitian berupa analisis dokumen penilaian, wawancara, dan angket. Berdasarkan hasil analisis data awal diketahui bahwa hasil belajar peserta didik kelas VI pada tiga SD Gugus Dewi Kunthi dalam pembelajaran IPA masih rendah. Nilai rata-rata hasil belajar peserta didik hanya sebesar 63 dengan kategori kurang dengan nilai tertinggi sebesar 73 dan terendah sebesar 58. Permasalahan ini disebabkan oleh materi pembelajaran IPA yang kompleks, jumlah hari efektif belajar yang terbatas, dan kurangnya variasi bahan ajar yang memantik partisipasi aktif dari peserta didik. Bahan ajar yang sering digunakan berupa buku tema pemerintah dan LKS dari berbagai penerbit. Penelitian ini dapat digunakan sebagai analisis awal kebutuhan pengembangan bahan ajar yang sesuai dengan materi pembelajaran IPA sehingga hasil belajar peserta didik dapat meningkat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis kebutuhan, Bahan ajar, IPA, Sekolah dasar, School children, Media programs (Education), Teaching--Aids and devices, Training manuals
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 18 Mar 2024 02:36
Last Modified: 18 Mar 2024 02:36
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/27033

Actions (login required)

View Item
View Item