Implementasi metode literasi dan resitasi tingkatkan critical thinking peserta didik

Muzaro’ah, Muzaro’ah (2023) Implementasi metode literasi dan resitasi tingkatkan critical thinking peserta didik. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1 (1): 1. pp. 1-10. ISSN 2963-5934

[thumbnail of 2963-5934_1_1_2023-1.pdf]
Preview
Text
2963-5934_1_1_2023-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (83kB) | Preview

Abstract

Abstrak. Berpikir kritis adalah suatu proses kemampuan untuk dapat memecahkan masalah berdasarkan pertimbangan yang baik serta pengalaman-pengalaman yang sesuai dengan fakta yang ada. Suatu proses berpikir menyelesaian masalah dalam pembelajaran di katakan tercapai serta dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah saat proses belajar, apabila dalam pelaksanaanya berpusat pada siswa. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, meningkatkan mutu Pendidikan, dan hasil dari proses pembelajaran yang berkualitas, pemerintah melakukan terobosan dengan mengadakan program Gerakan Literasi Sekolah ( GLS ). Yaitu gerakan untuk menciptakan suasana gemar literasi untuk mendapatkan informasi , ilmu pengetahuan , dan bacaan bagi peserta didik. Literasi yaitu kemampuan untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah dalam lingkungan sekolah, pekerjaan, keluarga, dan masyarakat. Literasi yang baik dan di tindak lanjuti dengan pemberian tugas atau resitasi, dapat mengasah kemampuan untuk menjadikan peserta didik mampu beripikir secara kritis, kreatif, inovatif menumbuhkan karakter siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis, Literasi, Resitasi, Child psychology, Critical thinking in children, Problem solving in children, Literacy programs, School children
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 18 Mar 2024 02:22
Last Modified: 18 Mar 2024 02:22
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/27032

Actions (login required)

View Item
View Item