Dwi, Urip Wardoyo and Novita, Aulia Regine Perdana and Asterina, Mulyani (2022) Analisis pemahaman mahasiswa akuntansi terhadap perkembangan konsep dasar akuntansi biaya dan penerapannya. Jurnal Publikasi Ekonomi dan Akuntansi, 2 (1): 10. pp. 79-86. ISSN 2808-9391
2808-9391_2_1_2022-10.pdf - Published Version
Download (865kB) | Preview
Abstract
Akuntansi biaya mengalami perkembangan untuk mencapai efektivitas produksi serta menuju revolusi industri 5.0 untuk meningkat kesejahteraan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan pengamatan terkait minat mahasiswa jurusan Akuntansi dalam memahami teori akuntansi biaya. Metode pengumpulan data untuk penelitian ini menggunakan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif jurusan S1 Akuntansi Universitas Telkom tahun ajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini merupakan mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah akuntansi biaya dan sedang memasuki semester 3, 5, dan 7. Pengujian hipotesis menggunakan uji Kruskal Wallis untuk menemukan perbedaan pemahaman tentang klasifikasi biaya dan penerapannya dalam siklus akuntansi biaya pada tingkat mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan signifikan tentang pemahaman penerapan akuntansi biaya pada perusahaan manufaktur antara mahasiswa akuntansi semester 3, 5 dan 7. Sedangkan hasil pengujian pada dua hipotesis lain menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan tentang pemahaman konsep dasar akuntansi dan penerapan akuntansi biaya pada perusahaan dagang antara mahasiswa akuntansi semester 3, 5 dan 7.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akuntansi biaya, Perusahaan dagang, Perusahaan manufaktur, Mahasiswa, Cost accounting, Education--Finance, Student activities--Accounting, Merchandising, Manufacturing industries |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Economics and Business |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 15 Mar 2024 02:46 |
Last Modified: | 15 Mar 2024 02:46 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/27030 |