Pengaruh metode active knowledge sharing selama pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar siswa kelas VII IPS SMPN Bekungin Bekasi

Dermawan, Dermawan and Itah, Itah (2022) Pengaruh metode active knowledge sharing selama pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar siswa kelas VII IPS SMPN Bekungin Bekasi. Inovasi: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1 (1): 8. pp. 58-65. ISSN 2809-0403

[thumbnail of 2809-0403_1_1_2022-8.pdf]
Preview
Text
2809-0403_1_1_2022-8.pdf - Published Version

Download (594kB) | Preview

Abstract

Saat pandemi terjadi akhirnya menjadikan kita belajar bagaimana cara belajar dan mengajar siswa. Salah satunya adalah model online dan offline. Kondisi saat pandemic tidak diijinkan pembelajaran tatap muka di kelas, sehingga hanya diperbolehkan dalam kelompok kecil. Strategi pemetaan wilayah yang berdekatan tempat tinggal untuk kemudian dikelompokkan dapat menjadi pilihan tepat. Metode belajar Active Knowledge Sharing merupakan kegiatan belajar kooperatif dan selanjutnya anggota kelompok saling berbagi tugas untuk menyelesaikan masalah. Melalui metode belajar Active Knowledge Sharing diharapkan setiap siswa dapat memberi masukan pada anggota kelompok lain sesuai dengan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode Active Knowledge Sharing dilakukan dengan 1) Guru menyampaikan materi dengan informasi penting kepada siswa melalui ceramah singkat, rekaman video. 2) Pemberian pertanyaan dan siswa diperintahkan untuk menyelesaikan dan menjawab pertanyaan secara tertulis. 3) Siswa diberikan kesempatan untuk membahas secara berkelompok melalui sharing pengalaman dengan anggota kelompok lain, dan 4) Setelah seluruh kelompok mengumpulkan tanggapan atas pernyataan yang diberikan, selanjutnya guru memilih beberapa pasangan untuk berbagi tanggapan mereka dengan seluruh kelas.Metode Active Knowledge Sharing mampu mendorong motivasi siswa untuk lebih aktif dan mampu mendorong meningkatkan penguasaan materi. Kegiatan berbagi pengalaman dengan sesama anggota kelompok dan sharing dengan seluruh kelas akan lebih memotivasi siswa untuk belajar. Jadi metode belajar Active Knowledge Sharing merupakan kegiatan belajar kooperatif, pembelajaran kelompok yang anggotanya heterogen dan selanjutnya anggota kelompok saling berbagi tugas untuk menyelesaikan masalah. Melalui metode belajar Active Knowledge Sharing diharapkan setiap siswa dapat memberi masukan pada anggota kelompok lain sesuai dengan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Active knowledge sharing, Kompetensi belajar, Education, Cooperative, Teaching--Aids and devices, Motivation in education, Study skills
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 13 Mar 2024 07:27
Last Modified: 13 Mar 2024 07:27
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/27018

Actions (login required)

View Item
View Item