Manajemen program pendidikan kesetaraan paket C

Dodi, Alamsyah and Lippi, Fiqriya Pangestu and Yus, Darusman (2022) Manajemen program pendidikan kesetaraan paket C. Inovasi: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1 (1): 6. pp. 39-46. ISSN 2809-0403

[thumbnail of 2809-0403_1_1_2022-6.pdf]
Preview
Text
2809-0403_1_1_2022-6.pdf - Published Version

Download (517kB) | Preview

Abstract

Program pendidikan yang dikelola dengan manajemen yang baik, akan meningkatkan mutu pendidikan meskipun dalam prosesnya secara bertahap. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengelolaan manajemen kesetaraan paket C di SKB Kota Tasikmalaya, dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini dilakukan karena ditemukan beberapa permasalahan yang dapat mempengaruhi mutu pendidikan, diantaranya peserta didik yang menguasai IT masih sedikit, proses pembelajaran yang tidak terkontrol, penyebaran informasi pembelajaran berbasis ICT belum merata, peserta didik menginginkan pelayanan yang mudah dan cepat, serta sulitnya peserta didik menyesuaikan diri dengan peserta yang lain. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu pemecahan masalah yang didapatkan dengan cara mendeskripsikan keadaan objek atau subjek penelitian berdasarkan fakta di lapangan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang didapatkan dari delapan informan dan data administratif lembaga. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa manajemen program pendidikan kesetaraan paket C yang meliputi aspek fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan serta evaluasi, secara keseluruhan telah sesuai dan berjalan secara terstruktur serta telah mencapai tujuan seperti yang diharapkan. Dapat disimpulkan bahwa manajemen program pendidikan kesetaraan paket C di SKB Kota Tasikmalaya secara bertahap dapat meningkatkan mutu pendidikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Management, Package C, Quality, Education, Educational equalization, Affirmative action programs in education, Rural extension
Subjects: Administration & Management > Management Practice
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 13 Mar 2024 07:02
Last Modified: 13 Mar 2024 07:02
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/27017

Actions (login required)

View Item
View Item