Dodi, Alamsyah and Lippi, Fiqriya Pangestu and Yus, Darusman (2022) Manajemen program pendidikan kesetaraan paket C. Inovasi: Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1 (1): 6. pp. 39-46. ISSN 2809-0403
2809-0403_1_1_2022-6.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
Abstract
Program pendidikan yang dikelola dengan manajemen yang baik, akan meningkatkan mutu pendidikan meskipun dalam prosesnya secara bertahap. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengelolaan manajemen kesetaraan paket C di SKB Kota Tasikmalaya, dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini dilakukan karena ditemukan beberapa permasalahan yang dapat mempengaruhi mutu pendidikan, diantaranya peserta didik yang menguasai IT masih sedikit, proses pembelajaran yang tidak terkontrol, penyebaran informasi pembelajaran berbasis ICT belum merata, peserta didik menginginkan pelayanan yang mudah dan cepat, serta sulitnya peserta didik menyesuaikan diri dengan peserta yang lain. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu pemecahan masalah yang didapatkan dengan cara mendeskripsikan keadaan objek atau subjek penelitian berdasarkan fakta di lapangan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang didapatkan dari delapan informan dan data administratif lembaga. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa manajemen program pendidikan kesetaraan paket C yang meliputi aspek fungsi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan serta evaluasi, secara keseluruhan telah sesuai dan berjalan secara terstruktur serta telah mencapai tujuan seperti yang diharapkan. Dapat disimpulkan bahwa manajemen program pendidikan kesetaraan paket C di SKB Kota Tasikmalaya secara bertahap dapat meningkatkan mutu pendidikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Management, Package C, Quality, Education, Educational equalization, Affirmative action programs in education, Rural extension |
Subjects: | Administration & Management > Management Practice Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 13 Mar 2024 07:02 |
Last Modified: | 13 Mar 2024 07:02 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/27017 |