Pengembangan buku digital pesona bunga bangkai dalam pembelajaran IPA untuk menumbuhkan literasi lingkungan siswa

Reevi, Haryanto (2023) Pengembangan buku digital pesona bunga bangkai dalam pembelajaran IPA untuk menumbuhkan literasi lingkungan siswa. Brendo Edukasi, 1 (1): 6. pp. 70-86. ISSN 2986-8580

[thumbnail of 2986-8580_1_1_2023-6.pdf]
Preview
Text
2986-8580_1_1_2023-6.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian buku digital pesona bunga bangkai sebagai media pembelajaran IPA dan mendeskripsikan kondisi literasi lingkungan siswa kelas IX A SMPN 1 Kepahiang dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Januari sampai dengan Juni 2021 bertempat di Taman Konservasi Puspa Langka Kabupaten Kepahiang untuk mengambil data bunga bangkai dan di SMPN 1 Kepahiang untuk implementasi pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development) yang bertujuan untuk mengembangkan buku digital yang diharapkan dapat menumbuhkan literasi lingkungan pada siswa SMP. Jenis penelitian ini mengadaptasi model pengembangan 4D, terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate atau diadaptasikan menjadi model 4P, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Berdasarkan validasi ahli, buku digital “Pesona Bunga Bangkai dalam Pembelajaran IPA” yang disusun sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran.Pada penerapannya melalui pembelajaraan buku digital yang disusun mampumenumbuhkan literasi lingkungan siswa SMP 59% berada pada kategori tinggi dan 41% berada kategori sedang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Buku digital, Bunga bangkai, Literasi lingkungan, Secondary education, Electronic books, Teaching materials
Subjects: Medicine & Biology > Botany
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 05 Oct 2023 06:43
Last Modified: 05 Oct 2023 06:43
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/26876

Actions (login required)

View Item
View Item