Pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis penelitian listrik dinamis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa

Evad, Dwiarti (2023) Pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis penelitian listrik dinamis untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Brendo Edukasi, 1 (1): 3. pp. 30-45. ISSN 2986-8580

[thumbnail of 2986-8580_1_1_2023-3.pdf]
Preview
Text
2986-8580_1_1_2023-3.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pengembangan modul IPA berbasis penelitian listrik dinamis. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan langkah- langkah penelitian pengembangan menurut Thiagarajanameliputi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan diseminasi (desseminate). Penelitian ini hanya dilakukan 3 tahap saja yaitu pendefinisian(define), perancangan (design) dan pengembangan (develop). Analisis data yang digunakan yaitu mengumpulkan data kualitatif dan data kuantitatif dari ahli materi dan ahli media, respon guru dan peserta didik dan analisis data untuk melihat kemampuan berpikur kritis. Subjek penelitian uji coba terbatas sebanyak 23 orang kelas IX 3 SMPN 3 Kota Bengkulu. Dari kegiatan pengembangan diperoleh produk modul pembelajaran IPA materi listrik dinamis beserta perangkatnya sebagai berikut: (1) Karakteristik modul IPA listrik dinamis yang dikembangkan berbasis berpikir kritis dan research diantaranya misi, kompetensi, teori dasar, aktivitas dasar, sumber materi, dan karakter assesment. Karakteristik IPA listrik dinamis yang dikembangkan berbasis berpikir kritis dan research yang dikembangkan berisi masalah-masalah didukung oleh stimulus kegiatan berpikir kritis yang dapat dipecahkan oleh peserta didik untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fakta listrik dinamis;(2) Kelayakan modul yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan, dengan rata- rata penilaian validator yang didapatkan 85% dengan kriteria sangat layak; (3) kemampuan berpikir kritis meningkat dengan nilai Ngain rata-rata 0,664 dengan kriteria sedang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Modul IPA, Listrik dinamis, Berpikir kritis, Critical thinking, Dynamic electricity, Teaching materials
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 05 Oct 2023 06:33
Last Modified: 05 Oct 2023 06:33
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/26867

Actions (login required)

View Item
View Item