Penerapan teknik dictogloss untuk meningkatkan kemampuan menulis pada mata pelajaran tematik siswa kelas V SD Negeri 17 Rejang Lebong

Asnati, Asnati (2023) Penerapan teknik dictogloss untuk meningkatkan kemampuan menulis pada mata pelajaran tematik siswa kelas V SD Negeri 17 Rejang Lebong. Brendo Edukasi, 1 (1): 1. pp. 1-12. ISSN 2986-8580

[thumbnail of 2986-8580_1_1_2023-1.pdf]
Preview
Text
2986-8580_1_1_2023-1.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di mulai dari masalah pada kemampuan menyimak siswa kelas V di SD Negeri 17 Rejang Lebong masih dibawah KKM 75 sehingga perlu dilakukannya pembaharuan teknik pembelajaran oleh guru sebagai respon semakin lemahnya kualitas belajar siswa. Keadaan ini dikarenakan guru masih menggunakan metode serta model pembelajaran yang konvensional sehingga menimbulkan kejenuhan, kebosanan dan menurunkan kemampuan menulis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teknik dictogloss untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa pada pembelajaran tematik di SD Negeri 17 Rejang Lebong dan untuk mengetahui apakah penerapan teknik dictogloss dapat meningkatkan kemampuan menyimak siswa pada pembelajaran tematik di SD Negeri 17 Rejang Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau (classroom action research). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahapan dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 17 Rejang Lebong, berjumlah 23 siswa. Variabel penelitian yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi. Analisis data dalam penelitian tindakan kelas ini menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan rumusan masalah yang telah dirumuskan, kemampuan menulis siswa sebelum menerapkan teknik dictogglos masih banyak siswa yang di bawah KKM.hasil penelitian dengan teknik pembelajaran dictogloss dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa, hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata pada siklus I sebesar 60,30 dan pada siklus II sebesar 75,22. Sedangkan persentase ketuntasan siklus I saat menggunakan teknik pembelajaran digtogloss diperoleh nilai sebesar 43% dan pada siklus II sebesar 82%

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Teknik digtogloss, Kemampuan menulis, Listening--Ability testing, School children, Study skills
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 08 Mar 2024 01:36
Last Modified: 08 Mar 2024 01:36
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/26864

Actions (login required)

View Item
View Item