Muhammad, Indra and Syaiful, Bahri (2023) Implementasi model pembelajaran inquiry training berbasis modul digital dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Indonesian Journal of Education and Computer Science, 1 (1): 5. pp. 30-36. ISSN 2987-7644
2987-7644_1_1_2023-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (484kB) | Preview
Abstract
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimen, dan teknik pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas X TKRO-1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X TKRO-2 sebagai kelompok kontrol, dengan jumlah siswa masing-masing adalah 32 orang. Kelompok eksperimen diberi perlakuan berupa penerapan pembelajaran inquiry training menggunakan modul digital, sedangkan kelompok kontrol menerima perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah tes pilihan ganda dengan 20 soal dan 5 pilihan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 81,09, sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol adalah 70,63. Pengujian signifikansi dengan taraf α 0,05 (5%) menunjukkan bahwa nilai uji t diperoleh secara signifikan (2-tailed) yaitu 0,00, dengan hasil belajar siswa kurang dari 0,05. Oleh karena itu, Ha diterima, yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam kemampuan matematika antara siswa yang menerapkan model pembelajaran inquiry training dan siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inquiry training, Modul digital, High school students, Digital media, Active learning |
Subjects: | Computers, Control & Information Theory Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 07:23 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 07:23 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/26842 |