Meningkatkan hasil belajar siswa SMK melalui model project based learning dengan media cisco packet tracer

Afandi, Husin Amin Syahrul Lubis and Syaiful, Bahri (2023) Meningkatkan hasil belajar siswa SMK melalui model project based learning dengan media cisco packet tracer. Indonesian Journal of Education and Computer Science, 1 (1): 2. pp. 8-15. ISSN 2987-7644

[thumbnail of 2987-7644_1_1_2023-2.pdf]
Preview
Text
2987-7644_1_1_2023-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (480kB) | Preview

Abstract

Penerapan metode ceramah sebagai metode pembelajaran telah terbukti menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya nilai siswa. Hal ini disebabkan karena metode ceramah masih berpusat pada guru sebagai pemberi informasi tanpa melibatkan siswa secara aktif. Untuk mengatasi masalah ini, solusinya adalah mengimplementasikan pembelajaran dengan menggunakan metode Project Based Learning. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, dengan kelas X TKJ 1 sebagai kelompok uji coba dan kelas X TKJ 2 sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji t dan uji gain terstandar. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan pada kelompok uji coba sebesar 78,74 dengan kategori tinggi. Sementara itu, peningkatan hasil belajar pada kelompok kontrol sebesar 28,33 dengan kategori rendah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas X TKJ pada mata pelajaran Jaringan Dasar yang mengikuti pembelajaran dengan metode Project Based Learning menggunakan media Cisco Packet Tracer memiliki peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode ceramah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Project based learning, Cicso packet tracer, Effective teaching, Vocational school students, Project method in teaching
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 06 Mar 2024 04:03
Last Modified: 06 Mar 2024 04:03
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/26793

Actions (login required)

View Item
View Item