Riki, Pransiska and Ambok, Pangiuk and Ahsan, Putra Hafiz (2023) Pengaruh pengetahuan produk, media promosi dan Word Of Mouth terhadap pemahaman masyarakat memilih Bank Syariah. Jurnal Manajemen dan Ekonomi Syariah, 1 (3). pp. 54-73. ISSN 2988-2249
2988-2249_1_3_2023-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (461kB) | Preview
Abstract
Lembaga keuangan bank di Indonesia secara umum dapat dibedakan menjadi bank syariah dan bank konvensional. Pada dasarnya baik bank syariah maupun bank konvensional sama-sama melakukan kegiatan menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat,namun segala bentuk kegiatan yang dilakukan oleh bank syariah harus sesuai dengan prinsip syariah. Persaingan antara Bank Konvensional dan Bank Syariah di Indonesia merupakan salah satu hal menjadi fokus perhatian para pengelola perbankan khususnya yang berkaitan dengan nasabah, terlebih lagi Bank Syariah Indonesia masih tergolong baru hasil dari penyatuan beberapa Bank Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh pengetahuan produk, promosi dan word of mouth terhadap pemahaman masyarakat memilih bank syariah. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Jambi terkhususnya yang menganut agama Islam. Populasi dalampenelitian iniadalah masyarakat yang menganut agama Islam di Kota Jambi adalah 612.162 jiwa. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling sehingga jumlah sampel yang digunakan adalah100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel pengetahuan produk, promosi dan word of mouth berpengaruh terhadap pemahaman masyarakat memilih bank syariah. Begitu juga dengan secara sendiri, hasil penelitian menunjukka bahwa variabel pengetahuan produk, promosi dan word of mouth berpengaruh terhdap pemahaman masyarakat memilih bank syariah dengan ingkat signifikansi masing-masing variabel adalah sama yaitu sebesar 0,000 dan nilai thitung masing-masing variabel adalah 3,809 untuk X1, 3,617 untuk X2 dan 5,823 untuk X3.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan Produk, Promosi, Word of Mouthdan Pemahaman |
| Subjects: | Administration & Management |
| Depositing User: | Ni Nyoman Mei Antari |
| Date Deposited: | 27 Feb 2025 07:47 |
| Last Modified: | 27 Feb 2025 07:47 |
| URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/26719 |


Dimensions
Dimensions