Harsiti, Harsiti and Agus, Setyawan and Haris, Triono Sigit and Afif, Johan (2022) Upgrading skill pekerja guna mendukung tata kelola administrasi melalui pelatihan optimalisasi aplikasi perkantoran pada Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi Dan Pertambangan Seluruh Indonesia (FSP KEP SPSI) se-Provinsi Banten. Jurnal Dharmabakti Nagri, 1 (1): 1. pp. 1-10. ISSN 2964-1055
2964-1055_1_1_2022-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (200kB) | Preview
Abstract
Upraging Skill atau keahlian sumber daya manusia dipandang sangat penting dilakukan oleh perusahaan, hal ini bertujuan agar sumber daya manusia lebih produktif dan mampu bersaing secara global dan mampu menjawab tantangan di era digitalisasi ini. Program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan target dan sasarannya adalah para pekerja yang menjadi anggota atau pengurus cabang pada Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (FSP KEP SPSI) Provinsi Banten. Permasalahan yang pada saat ini dihadapi adalah tata kelola administrasi perkantoran pada masing-masing kantor cabang yang ada di wilayah Provinsi Banten belum dilaksanakan dengan baik, karena keterbatasan pemahaman Pekerja tentang teknologi informasi dan komunikasi yang belum merata, khususnya penggunaan aplikasi perkantoran yang belum optimal digunakan, khususnya untuk keperluan komunikasi secara tertulis melalui surat-menyurat, pembuatan laporan-laporan dan sejenisnya.serta komunikasi yang memanfaatkan teknologi informasi seperti video conference atau sejenisnya untuk keperluan rapat online. Penyebab terjadinya masalah ini adalah karena tidak meratanya sebaran pendidikan sehingga para pekerja kurang memahami tentang tata Kelola administrasi dengan memanfaatan teknologi informasi, serta tidak semua perusahaan yang tergabung dalam FSP KEP SPSI ini menitikberatkan pada bidang teknologi informasi. Solusi yang ditawarkan untuk mengatasi permasalahan ini yaitu dengan memberikan pelatihan terkait dengan pengantar teknologi informasi, pengenalan hardware-software dan dasar-dasar IT Troubleshooting, pelatihan optimalisasi aplikasi perkantoram (Microsoft Office), Optimalisasi dan tata cara menggunakan penyimpanan online (Cloud Storage) dan Optimalisasi Aplikasi Zoom Meeting. Kegiatan ini dilaksanakan kurang lebih 3 (tiga) bulan dan selebihnya dilakukan pendampingan sebagai upaya memonitoring penyerapan materi yang telah disampaikan oleh Narasumber. Hasil dan luaran kegiatan PkM ini berupa publikasi dalam seminar nasional atau jurnal nasional, media elektronik dan pembuatan video kegiatan yang dipublish melalui channel youtube.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Uprading skill, Tata kelola administrasi, IT troubleshooting, Cloud storage, Human resource |
Subjects: | Problem Solving Information for State & Local Governments > Human Resources |
Depositing User: | Syifa Naufal Qisty |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 04:08 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 04:08 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/26584 |