Manajemen kepemimpinan di lembaga pendidikan Islam

Usman, Jayadi and Zainul, Muttaqin and Hapipi, Hapipi (2022) Manajemen kepemimpinan di lembaga pendidikan Islam. Satukata: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1 (1): 3. pp. 17-26. ISSN 2963-9824

[thumbnail of 2963-9824_1_1_2022-3.pdf]
Preview
Text
2963-9824_1_1_2022-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (155kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang manajemen kepemimpinan dan pengaruhnya guna menciptakan di lembaga pendidikan Islam. Kepemimpinan memiliki peran yang sangat strategis dan penting dalam menciptakan mutu pendidikan yang baik. Oleh karena itu, diperlukan pendidikan dan pelatihan bagi para pemimpin untuk memperkuat manajemen kepemimpinannya pada masing-masing instansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis survei. Teknikpengumpulan datanya dilakukan melalui: observasi, interview, dokumentasi, dan kuesioner.Kuesioner diujicobakan untuk menguji validitas, reabilitas dan obyektifitas instrument, dengan teknik korelasi item total yang merupakan dasar dari korelasi Pearson. Dari hasil survey, diperoleh tujuh kelas interval dengan perolehan signifikansi tertinggi pada kelas 4 (32,50%) dan terendah pada kelas 7 (2,50%). Instumen survey meliputi 4 aspek pelaksanaan, 1) pembimbingan, 2) pengawasan, 3) penilaian, dan 4) monitoring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sangat penting untuk dilakukan pendidikan dan pelatihan dalam rangka peningkatan kualitas manajemen kepemimpinan di lembaga pendidikan Islam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kepemimpinan, Lembaga pendidikan Islam, Management, Leadership, Islamic education
Subjects: Administration & Management
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 28 Feb 2024 03:04
Last Modified: 28 Feb 2024 03:04
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/26560

Actions (login required)

View Item
View Item