Usman, Jayadi and Zainul, Muttaqin and Hapipi, Hapipi (2022) Manajemen kepemimpinan di lembaga pendidikan Islam. Satukata: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1 (1): 3. pp. 17-26. ISSN 2963-9824
2963-9824_1_1_2022-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (155kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang manajemen kepemimpinan dan pengaruhnya guna menciptakan di lembaga pendidikan Islam. Kepemimpinan memiliki peran yang sangat strategis dan penting dalam menciptakan mutu pendidikan yang baik. Oleh karena itu, diperlukan pendidikan dan pelatihan bagi para pemimpin untuk memperkuat manajemen kepemimpinannya pada masing-masing instansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis survei. Teknikpengumpulan datanya dilakukan melalui: observasi, interview, dokumentasi, dan kuesioner.Kuesioner diujicobakan untuk menguji validitas, reabilitas dan obyektifitas instrument, dengan teknik korelasi item total yang merupakan dasar dari korelasi Pearson. Dari hasil survey, diperoleh tujuh kelas interval dengan perolehan signifikansi tertinggi pada kelas 4 (32,50%) dan terendah pada kelas 7 (2,50%). Instumen survey meliputi 4 aspek pelaksanaan, 1) pembimbingan, 2) pengawasan, 3) penilaian, dan 4) monitoring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sangat penting untuk dilakukan pendidikan dan pelatihan dalam rangka peningkatan kualitas manajemen kepemimpinan di lembaga pendidikan Islam.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Kepemimpinan, Lembaga pendidikan Islam, Management, Leadership, Islamic education |
Subjects: | Administration & Management Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 28 Feb 2024 03:04 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 03:04 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/26560 |