Pengaruh kepercayaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan brand image terhadap kepuasan konsumen kelakukan pembayaran menggunakan QRIS

Edbert, Juan and Lilik, Indrawati (2023) Pengaruh kepercayaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan brand image terhadap kepuasan konsumen kelakukan pembayaran menggunakan QRIS. Konsumen & Konsumsi : Jurnal Manajemen, 2 (1): 3. pp. 313-326. ISSN 2808-4667

[thumbnail of 2808-4667_2_1_2023-3.pdf]
Preview
Text
2808-4667_2_1_2023-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (372kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kepercayaan, persepsi kemudahan penggunaan terhadap kepuasan konsumen Surabaya Barat dan Surabaya Timur dalam melakukan pembayaran melalui Qris. Populasi dalam artikel ini berasal dari masyarakat Surabaya Barat dan Surabaya Timur. Sampel berjumlah 75 orang dengan harapan bisa mewakili dari penelitian ini. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Analisa regresi berganda, data ini diolah dengan SPSS versi 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kepercayaan t hitung 0,437 < t tabel 1,99394, dengan signifikan 0,663> 0,05, artinya kepercayaan tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Surabaya Barat dan Timur dalam melakukan pembayaran melalui Qris sedangkan, persepsi kemudahan penggunaan dan brand image berpengaruh terhadap kepuasan konsumen Surabaya Barat dan Surabaya Timur dalam melakukan pembayaran melalui Qris dimana diperoleh t hitung pada X2 sebesar 3,793 > t tabel 1,99394, dengan signifikan 0,000 < 0,05 artinya konsumen dalam kepuasan menggunakan Qris melihat adanya persepsi kemudahan penggunaan seperti jaringan kerjasama, fleksibel, mudah dipelajari, dan mudah dioperasikan. Sedangkan pada brand image (X3) hasil t hitung sebesar 4,152 > t tabel 1,99394 dengan signifikan 0,000 < 0,05 artinya konsumen dalam kepuasan menggunakan Qris melihat adanya keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek, dan keunikan asosiasi merek.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan, Persepsi kemudahan penggunaan, Kepuasan, Qris, Consumer satisfaction, Digital currency, Electronic funds transfers, Mobile commerce
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 22 Feb 2024 05:29
Last Modified: 22 Feb 2024 05:29
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/26548

Actions (login required)

View Item
View Item