Athiyah, Dwi Pasya (2023) Pengaruh celebrity worship pada penggemar kpop generasi z terhadap online compulsive buying dengan materialism sebagai variabel mediasi. Konsumen & Konsumsi: Jurnal Manajemen, 2 (1): 1. pp. 283-302. ISSN 2808-4667
2808-4667_2_1_2023-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (706kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Materialism dalam memediasi pengaruh antara Celebrity worship dari penggemar Kpop yang merupakan Generasi Z terhadap Online Compulsive buying. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang merupakan penggemar Kpop, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah 90 orang responden yang telah memenuhi kriteria yang telah ditetapkan dengan menggunakan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan dua cara dalam pengujian hipotesisnya, yaitu dengan menggunakan Uji t dan Path Analysis. Hasil uji t menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh antara Celebrity worship dan materialism pada penggemar Kpop generasi Z terhadap Online compulsive buying, sehingga H1 dan H3 diterima. Lalu, terdapat pengaruh antara Celebrity worship pada penggemar Kpop generasi Z terhadap Materialism, sehingga H2 diterima. Selanjutnya, pada pengujian menggunakan analisis jalur, hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh tidak langsung Celebrity worship terhadap online compulsive buying melalui Materialism.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Celebrity worship, Online compulsive buying, Materialism, Generasi Z, Kpop, Penggemar, Compulsive shopping, Popular culture, Celebrities |
Subjects: | Social and Political Sciences > Social Concerns Economics and Business |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 04:22 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 04:22 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/26542 |